Penyebab Timbulnya Benjolan di Tangan

Realita Indonesia – Jakarta. Biasanya, benjolan di tangan muncul akibat kecelakaan kecil sehingga Anda tak perlu terlalu mengkhawatirkannya. Namun, ada pula benjolan yang muncul akibat kondisi yang lebih parah. Hal itulah yang perlu Anda waspadai supaya kesehatan Anda tak terganggu.

Ukuran benjolan yang dimiliki tiap orang berbeda-beda. Ada yang berukuran kecil, besar, bertekstur lunak, atau keras. Agar mendapat perawatan yang sesuai, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter, apalagi jika kemunculan benjolan mengganggu kenyamanan Anda.

Beberapa tes pun dilakukan supaya proses pemeriksaan memberikan hasil yang akurat. Misalnya, X-Ray atau MRI, biopsi, dan lain sebagainya. Very Well Health (verywellhealth.com) menyebutkan bahwa ada banyak faktor penyebab munculnya benjolan di area tangan.

Baca Juga :   Kemenpan RB menutup kantornya usai 12 pegawainya dinyatakan positif Covid-19.

Mulai dari kista jinak hingga kanker tulang, tulang rawan, atau jaringan lunak. Umumnya, dokter akan mengidentifikasi penyebab yang paling biasa terjadi. Dengan mengetahui penyebab-penyebab tersebut, Anda dan pihak medis menjadi lebih mudah untuk menentukan perawatan apa yang akan dilakukan.

Kista Ganglion

Sekitar 50% benjolan di tangan disebabkan oleh kista ganglion. Kondisi tersebut terjadi ketika kantung kecil berisi cairan muncul di lapisan sendi. Kista juga bisa terbentuk di bagian tendon yang disebut dengan mucous cyst.

Giant Cell Tumor

Yang dimaksud dengan giant cell tumor bukanlah tumor seperti yang diketahui banyak orang. Giant cell tumor adalah benjolan yang muncul akibat lapisan tendon yang meninggi dan menumpuk. Hal itu bisa menyebabkan penderitanya merasakan rasa sakit.

Baca Juga :   Jaga Kesehatan! Yuk Kenali Pengaruh Cuaca untuk Kesehatan dan Pikiran

Anda tidak perlu khawatir karena jenis benjolan tersebut bisa diangkat. Namun, Anda perlu waspada karena giant cell tumor bisa kembali Anda alami. Jadi, melakukan perawatan yang tepat dan pencegah sesuai dengan saran dokter perlu Anda lakukan.

Inclusion Cyst

Benjolan di tangan juga bisa dikenali dengan nama inclusion cyst. Benjolan tersebut terjadi setelah tangan atau jari Anda mengalami kecelakaan. Waktu kemunculannya pun beragam, bahkan ada yang baru muncul bertahun-tahun setelah kecelakaan Anda alami.

Kanker

Mengutip dari Very Well Health, benjolan yang muncul di tangan bisa disebabkan karena perkembangan sel kanker dari bagian tubuh yang lain, seperti paru-paru. Meski demikian, ada pula sel kanker yang langsung tumbuh dan berkembang di tangan.

Baca Juga :   Kapolri menegaskan, Sanksi Pelanggar Protokol Covid-19

Kondisi itu disebut dengan nama sarkoma dan sampai sekarang belum diketahui penyebab pastinya. Namun, ada beberapa faktor yang memengaruhi kemunculan benjolan itu, salah satunya adalah riwayat kesehatan keluarga.

Sumber: kontan.co.id

Editor: Realita Indonesia

Bagikan :
error: Content is protected !!