26 Juli 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Pentingnya Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Realita Indonesia – Kurangnya rasa percaya diri sepertinya menjadi permasalah setiap orang. Kurangnya rasa percaya diri bisa membuat seseorang merugi karena banyak hal.

Salah satunya adalah kehilangan kesempatan besar yang dilepaskan tanpa mencoba lebih maksimal. Perilaku seperti ini biasanya terjadi pada orang yang tidak percaya diri pada kemampuannya.

Jangan sampai menjadi kebiasan buruk dalam hidup, ada banyak cara ampuh untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Inilah beragam tips meningkatkan rasa percaya diri:

Berhenti membandingkan dengan orang lain

Meningkatkan rasa percaya diri memang bukan hal yang mudah. Namun, jika menunggu rasa percaya diri terkumpul 100 persen sebelum melakukan sesuatu, maka Anda akan terlambat atau akhirnya tidak melakukan hal tersebut.

Baca Juga :   Untuk Hadapi Covid-19, Es Kering Kini Banyak Dicari Emang Fungsinya Apa?

Salah satu cara meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Mulai lah memahami bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sayangi diri sendiri

Melansir situs Very Well Mind, hasil penelitian dari Journal of Personality di tahun 2009 mengungkapkan, perilaku menyayangi diri sendiri berperan menambah rasa percaya diri secara terus menerus.

Salah satu caranya adalah tidak menghukum diri sendiri saat melakukan kesalahan. Memuji diri sendiri ketika berhasil melalui sesuatu yang berat maupun melewati tantangan setiap harinya.

Berbicara pada diri sendiri

Salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah membiasakan berbicara pada diri sendiri. Membangun kepercayaan dengan diri Anda dan kemampuan Anda adalah hal yang penting.

Baca Juga :   Hati-hati Bila Ada Rasa Logam Di Mulutmu!, Karena Itu Termasuk Gejala Covid-19 Lho

Ini dapat dilakukan seperti seseorang yang sedang terbuka mendengarkan cerita orang yang dipercayainya. Meningkatkan rasa percaya diri dapat dimulai dengan memahami dan mengenali diri Anda.

Hadapi keraguan

Mengutip Very Well Mind, hasil penelitian Psychology of Sport and Exercise di tahun 2010 menunjukkan, para atlet yang berani menghadapi keraguan diri justru lebih unggul dari atlet yang 100 persen percaya pada diri sendiri.

Menghadapi keraguan sama seperti menghadapi ketakutan. Berani menghadapi ketakutan akan membantu meningkatkan rasa percaya diri. Tentunya diiringi dengan latihan untuk mempersiapkan diri menghadapi ketakutan itu.

Belajar mengambil resiko

Belajar berani mengambil resiko juga bisa meningkatkan rasa percaya diri. Salah satunya dengan cara berani membuat sebuah target dan berusaha mewujudkan keinginan tersebut.

Baca Juga :   5 Manfaat Singkong yang Kaya Nutrisi Untuk Kesehatan dan Gizi

Mulai lah meningkatkan rasa percaya diri dengan menyelesaikan target-target kecil. Puji diri sendiri saat berhasil melakukan target-target kecil tersebut untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Melakukan hobi

Melakukan sesuatu yang Anda suka seperti hobi termasuk bentuk dari mencintai diri sendiri. Menurut situs Reach Out, hobi dapat meningkatkan rasa percaya diri karena memberikan motivasi untuk mencapai sesuatu yang positif.

Keahlian yang terasah dari hobi juga dapat menambah daftar kemampuan Anda. Ini bisa menjadi keunggulan baru yang membuat Anda percaya diri karena tidak kalah dari orang lain.

Sumber: kesehatan.kontan.co.id

Editor: Realita Indonesia

Bagikan :
error: Content is protected !!