17 Mei 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Pengamat: Redam Kegaduhan Politik, Anies Baswedan Bertemu Rizieq Shihab

Realita Indonesia – Wakil Direktur Eksekutif Pusat Kajian Politik FISIP Universitas Indonesia Hurriyah melihat langkah Gubernur DKI Anies Baswedan yang mengunjungi Rizieq Shihab saat baru tiba dari Arab Saudi, sebagai langkah pemimpin untuk meredam potensi kegaduhan politik.

Menurut dia, kedatangan Anies justru menjadi strateginya untuk memberi pesan kepada Front Pembela Islam atau FPI yang dipimpin Rizieq, bahwa dia adalah otoritas yang sah untuk menjaga situasi kondusif di Ibu Kota. “Saya tidak melihat bahwa kedatangan itu bagian Anies mengistimewakan,” ucapnya.

Ia menuturkan selama ini narasi yang dibangun pemerintah pusat terhadap FPI dan Rizieq cenderung negatif. Nah, narasi pemerintah pusat tersebut pun dilawan dengan sentimen negatif dari FPI.

Baca Juga :   Diduga Jaringan Jamaah Islamiyah, Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Palembang.

Melihat potensi kegaduhan imbas narasi negatif antara pemerintah pusat dan FPI, Anies mendekati Rizieq untuk menjaga kondusifitas di Jakarta. “Jadi ini bagian dari strategi politik yang dalam kacamata Anies penting untuk menjaga kondusifitas.”

Seperti diketahui Anies Baswedan menemui Rizieq Shihab pada Selasa, 10 November 2020 malam. Wakil Sekjen MUI Tengku Zulkarnain yang ada dalam pertemuan itu mengatakan Anies dan Rizieq tak membahas masalah politik. Ia mengatakan keduanya hanya bersilaturahmi sambil minum teh.

Editor : Realita Indonesia

Sumber : Tempo.co

Bagikan :
error: Content is protected !!