Pencopotan dua Kapolda menjadi berita terpopuler pertama Dikarenakan Pembiaran Kerumunan Acara Rizieq Shihab

Realita Indonesia – Pencopotan dua Kapolda menjadi berita terpopuler pertama pada Top 3 News, Rabu, 18 November 2020.

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi dicopot dari jabatannya karena dinilai telah melakukan pembiaran hingga menimbulkan kerumunan di sejumlah kegiatan Rizieq Shihab seiring kepulangannya ke Indonesia.

Keduanya disebut tidak menjalankan perintah menegakkan protokol kesehatan Covid-19 di wilayahnya.

Sementara itu, Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane menilai tidak dibubarkannya massa FPI oleh kedua Kapolda saat itu karena dikhawatirkan terjadi kericuhan hingga pembiaran terjadi.

Seiring dengan pencopotan Irjen Nana Sudjana dan Irjen Rudy Sufahriadi, Polda Metro Jaya telah memanggil panitia acara Maulid Nabi hingga menimbulkan kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

Berita lainnya yang tak kalah menulai sorotan pembaca Liputan6.com terkait hari jadi Muhammadiyah yang ke-108 tahun.

Presiden Joko widodo atau Jokowi dan sederet tokoh menyampaikan selamat kepada organisasi keagamaan terbesar di Tanah Air ini yang merupakan bentukan KH Ahmad Dahlan. Salah satunya datang dari Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed Al-Thaqafi.

Baca Juga :   Penggunaan Drone Mulai Dipertimbangkan Pihak Kemenhub Untuk Pengiriman Barang

Essam berharap Muhammadiyah menjadi sumber kebaikan yang bermanfaat bagi umat Islam di Indonesia.

Kerumunan yang terjadi pada masa pandemi Covid-19 menyita perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kerumunan massa itu antara lain, penjemputan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Bandara Soekarno Hatta dan pernikahan putri Rizieq di Jakarta, serta kunjungan Rizieq ke Bogor.

Atas pembiaran kerumunan itu, Jokowi langsung memanggil Kapolri Jenderal Idham Azis ke Istana. Hal ini diungkap oleh Menko Polhukam Mahfud Md pada Senin, 16 November 2020.

Pada hari yang sama, Kapolri Idham Azis kemudian mencopot Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi. Keputusan itu tertuang di dalam Surat Telegram Nomor ST 3222/XI/Kep/2020 tanggal 16 November 2020.

Baca Juga :   Setelah Kejadian Salah Transfer Rp 7 T, Citibank Tak Bisa Tarik Dana

Keduanya dicopot dari jabatannya, lantaran dianggap tidak menjalankan perintah menegakkan protokol kesehatan Covid-19 di wilayahnya.

“Bahwa ada dua Kapolda yang tidak melaksanakan perintah dalam menegakkan protokol kesehatan maka diberikan sanksi berupa pencopotan,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jaksel, Senin, 16 November 2020.

Sementara Kepala Biro Penerangan masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Polisi Awi Setiyono menegaskan bahwa seluruh jajaran kepolisian sebenarnya sudah dipedomani dengan Inpres Nomor 6 Tahun 2020.

Dalam inpres tersebut sudah sangat jelas agar Polri bersama TNI bekerjasama dengan stakeholder lainnya untuk melakukan patroli pengawasan, penertiban, dan penegakan hukum terkait dengan pelanggaran protokol kesehatan.

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed Al-Thaqafi, menyampaikan selamat kepada ormas keagamaan Muhammadiyah yang merayakan hari jadi pada 18 November.

“Saya sampaikan ucapan selamat kepada organisasi Muhammadiyah yang berada di Indonesia,” kata Essam dalam sebuah video yang diunggah akun Instagram Muhammadiyah di @lensamu, Rabu (18/11/2020).

Baca Juga :   SBY Berikan Tuduhan, Tanggapan Moeldoko : Jangan Menekan-nekan Saya

Pada hari jadi Muhammadiyah yang ke-108 ini, Essam berharap organisasi yang didirikan oleh Ahmad Dahlan tersebut dapat menjadi sumber kebaikan bagi umat Islam di Indonesia.

“Semoga Muhammadiyah mampu menjadi kebaikan yang bermanfaat bagi Indonesia dan umat Islam,” harap Essam.

Polda Metro Jaya memanggil panitia acara Maulid Nabi Muhammad SAW yang menghadirkan Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dan menimbulkan kerumunan di tengah pandemi Covid-19. Peringatan maulid nabi itu digelar pada Jumat 13 November 2020.

Tim hukum FPI, Azis Yanur yang turut mewakili panitia acara, memastikan akan memenuhi panggilan itu.

“Kita dari panitia dipanggil, nih sudah mau sampai,” kata Azis

Azis mengklarifikasi, bukan Rizieq yang dipanggil, melainkan hanya panitia acaranya.

“Enggak ada panggilan (ke Rizieq Shihab), kita dari panitia dipanggil,” ujar Azis

Sumber : Liputan6

Editor : Realita Indonesia

Bagikan :
error: Content is protected !!