14 Mei 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Pasien RSD Wisma Atlet Kemayoran melonjak usai libur panjang akhir Oktober 2020.

Realita Indonesia – Kamis, 19/11/2020 12:43 WIB Pasien positif Covid-19 yang dirawat di RS Darurat Wisma Atlet melonjak hingga 60 persen usai libur panjang akhir Oktober lalu. Pasien RSD Wisma Atlet Kemayoran melonjak usai libur panjang akhir Oktober 2020.

Komandan Lapangan Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran Letkol Muhammad Arifin menyebut jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di Wisma Atlet meningkat imbas libur panjang akhir Oktober lalu.

“Satu minggu terakhir ini sudah naik dari 30 persen yang dua minggu yang lalu, jadi 60 persen,” kata Arifin saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (19/11).

Kata dia, kenaikan ini dipicu oleh aktivitas yang dilakukan masyarakat pada libur panjang akhir Oktober. Libur panjang 28 Oktober itu membuat masyarakat bepergian dan berpeluang tertular Covid-19.

Baca Juga :   Tutur Ridwan Kamil Terkait Keputusan Pesantren Musyawarah dengan Para Ulama

“Sesuai prediksi saya, dua minggu setelah liburan panjang akan naik angka positifnya,” ujar dia.

Untuk itu, Arifin menyatakan Wisma Atlet telah menyiapkan sejumlah antisipasi untuk menghadapi lonjakan pasien jelang libur panjang akhir tahun mendatang. Libur panjang akhir tahun dijadwalkan akan mulai 24 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021.

“Ya tentunya sudah kita antisipasi. Penyiapan SDM semua bidang, penyiapan gedung untuk isolasi,” kata dia.

Sementara itu Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I Kolonel Marinir Aris Mudian menyatakan telah menyiapkan sejumlah langkah-langkah antisipasi berkaitan lonjakan pasien di Wisma Atlet.

Meski begitu, Aris tak merinci tindakan apa yang akan diambil jika pasien tiba-tiba melonjak mengingat beberapa pekan ini telah terjadi beberapa peristiwa yang menyebabkan kerumunan.

Baca Juga :   Wagub Riza Patria Sebut Tidak Semua Sepeda Nonlipat Boleh Masuk Ke Dalam MRT

“Ya, sesuai pelaksana di Wisma Atlet dalam hal ini Kogasgabpad Kodam Jaya sudah siap dengan antisipasinya,” kata Aris.

Aris mengklaim ketersediaan ruang untuk merawat pasien Covid-19 di Wisma Atlet hingga saat ini masih cukup.

Menurut dia, saat ini pasien yang keluar dan masuk untuk menjalani perawatan masih dalam taraf wajar meski meningkat.

“Kalau berdasarkan data yang ada ketersediaan sarana Wisma Atlet masih cukup dan penambahan pasien juga masih dalam taraf yang wajar seperti yang sudah terjadi selama ini,” tuturnya.

Aris menyebut belum ada penambahan signifikan terhadap jumlah pasien Covid-19 di Wisma Atlet imbas libur panjang Oktober lalu.

“Belum ada info penambahan yang besar,” katanya.

Baca Juga :   Kebanyakan Orang Kita Ogah Ngantongin Duit, Di Lima Tahun Lagi

Sumber : CNN Indonesia

Editor : Realita Indonesia

Bagikan :
error: Content is protected !!