Para Aktivis Lingkungan Bantu Bangkitkan Kesadaran Lingkungan Masyarakat

oleh -2444 Dilihat
oleh

Garut, Realita Indonesia.Com — Sejumlah aktivis lingkungan Kabupaten Garut dari Dua Organisasi, Libas dan BNBR, sambangi kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk lakukan diskusi lingkungan, Jum’at (02/09).

Dalam agenda diskusi tersebut diterima langsung oleh kepala DLH Garut, Jujun JN didampingi Kepala Bidang Pertamanan Asep Roby, di ruang kerjanya dengan pokok bahasan membangkitkan Kesadaran Lingkungan (Darling) guna dongkrak ekonomi.

Menurut ketua Lingkungan Anak Bangsa (Libas), Tedy Sutardi dalam kesempatan tersebut menyebutkan bahwa pihaknya menindaklanjuti konsep yang pernah dibahas bersama Wakil Bupati Garut.

“Sebenarnya konsep kesadaran lingkungan dengan berbagai metode diantaranya penanaman pohon dan lainnya sempat dibahas dengan Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman pada akhir tahun 2021 lalu” Ucap Tedy.

Ditambahkannya bahwa guna mendorong kesadaran lingkungan harus dibarengi dengan peningkatan ekonomi.

” Untuk membangkitkan kesadaran lingkungan di masyarakat harus dengan edukasi dan peningkatan ekonomi, yakni dengan penanaman pohon yang dirawat dan menghasilkan, jadi bukan kuantitas pohon tapi kualitasnya” imbuh Tedy.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut, Junjun JN, mengaku merasa terdorong dengan adanya konsep dari para pemerhati lingkungan.

” Dengan adanya jalinan kerjasama dari para aktivis lingkungan, kami merasa terbantu dalam membangkitkan kesadaran lingkungan. Segera kami akan tindaklanjuti apa yang telah menjadi konsep awal, selambatnya dalam tahun ini sudah terimplementasi” Tandas Junjun.

Kepala Bidang Pertamanan DLH Garut, Asep Roby menimpali apa yang diintruksikan Kepala Dinas, akan segera dilaksanakan.

” Segera kami akan buat konsep dan koordinasi dengan berbagai bidang di DLH serta meminta kepada rekan pegiat lingkungan menyodorkan berkas usulannya agar dapat terjalin kerjasama yang baik dan segera terealisir” timpalnya.

Ditempat yang sama Ketua Bakti Negeri Bela Rakyat (BNBR) Zaenal Solihin memaparkan konsep lembaganya yang akan menanam seribu pohon di bantaran sungai Cipeujeuh.

” Pada hari Rabu pekan depan kami akan laksanakan penanaman pohon jambu biji merah dibantarkan sungai Cipeujeuh sebagai bentuk kepedulian kami terhadap Lingkungan, kami mengundang segenap unsur Forkopimda dan Dinas terkait untuk hadir” Papar Zaenal.

Gelaran tersebut masih menurut Zaenal akan didukung oleh berbagai pihak salah satunya lurah Muarasading.

” Penanaman Seribu Pohon akan dilaksanakan di sungai cipejeuh mulai dari Kelurahan Muarasanding yang berbatasan dengan Kota Kulon dan Desa Ngamplang. Acara tersebutpun dikatakan Ketua BNBR didukung Penuh Lurah Muarasanding sodara Salahudin,” PungkaPungkas Zaenal.(Om Danur)

No More Posts Available.

No more pages to load.