OJK Menggelar Rakornas Sinergi dan Inovasi Perluas Akses Keuangan di Daerah.

Realita Indonesia– Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas) Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dengan tema Sinergi Percepatan Akses Keuangan di Daerah untuk Indonesia Maju. Rakornas ini dilakukan untuk meningkatkan literasi, edukasi, akses penyimpanan uang, akses pembayaran hingga akses pembiayaan masyarakat di daerah.

“Dampak pandemi Covid-19 ini tidak terelakkan, memukul seluruh ekonomi termasuk pengusaha informal dan UMKM. Segala upaya dikerahkan, baik untuk bertahan maupun bangkit, melalui akses keuangan di daerah,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam Rakornas TPAKD 2020 secara virtual.

Wimboh mengatakan, ketersediaan akses keuangan yang luas sangat penting terutama bagi masyarakat yang belum bankable serta para pelajar untuk meningkatkan semangat menabung.

Baca Juga :   Yuk Bikin Bola-bola Ayam Saus Teriyaki, Lauk Nikmat Pelengkap Bento

Karena itu, percepatan akses ini menjadi perhatian dan prioritas OJK, dan hal tersebut harus dilakukan dengan sinergi bersama antara OJK dengan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah daerah, regulator keuangan, pelaku industri keuangan dan instansi lain.

“Saat ini sudah dibentuk 224 TPAKD di 32 provinsi dan 192 kabupaten/kota. Kami komitmen dan mohon dukungan untuk memperluas pendirian TPAKD di provinsi, kabupaten dan kota lain seiring dengan tingginya kebutuhan akses keuangan,” imbuhnya.

Adapun, rakornas ini diselenggarakan memuat beberapa agenda, seperti diskusi interaktif, peluncuran roadmap TPAKD 2021-2025, penyampaian arahan oleh Presiden Joko Widodo dan pemberian penghargaan TPAKD 2020.

Sumber : Merdeka.com

Editor : Realita Indonesia

Bagikan :
error: Content is protected !!