Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS

Realita Indonesia – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) diperkirakan bakal mengalami tekanan pada pekan ini. Peningkatan kasus infeksi virus corona (Covid-19) di berbagai negara membuat investor cenderung menghindari aset-aset berisiko seperti rupiah. Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat diperkirakan akan mengalami tekanan sepanjang pekan ini. Kurs dolar ke rupiah diperkirakan bergerak di rentang Rp14.050-14.250 per dolar AS.

Pada pekan lalu, kinerja rupiah cukup moncer. Sempat di atas angin pada awal pekan, rupiah melempem di akhir pekan. Secara kumulatif, rupiah menguat 40 poin ata 0,28 persen selama sepekan terakhir. Posisi rupiah ditutup di level Rp14.170 per dolar AS pada Jumat (13/11/2020).

Baca Juga :   Karena Covid-19 Per 10 Desember 2020, 194 Dokter Meninggal.

Kepala riset dan edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan rupiah berkonsolidasi setelah penguatan yang cukup signifikan selama beberapa hari belakangan.

Dia menyebut, sentimen negatif datang dari peningkatan kasus Covid-19. Hal itu dinilai bisa menghambat pemulihan perekonomian dunia.

Selain sentimen negatif kasus Covid-19, pasar juga masih menantikan kepastian hasil pemilu di Amerika Serikat yang bisa memberikan sentimen positif ke pasar.

“[Nilai tukar rupiah] Mungkin di kisaran Rp14.050-14.250,” ujarnya kepada Bisnis, Jumat (13/11/2020).

Di lain pihak, ekonomi Bank Permata Josua Pardede mengatakan rupiah bergerak cenderung menguat terutama di awal pekan ini yang didorong oleh kepastian kemenangan Joe Biden.

Sentimen itu kemudian diperkuat oleh optimisme terkait vaksin yang dilaporkan sudah cukup efektif untuk mengatasi virus Covid-19.

Baca Juga :   Sengketa Lahan, Di Ciledug Pagar Tembok Berduri Dibongkar 150 Personil

Selain itu, kenaikan angka kasus Covid-19 di berbagai belahan dunia juga dianggapnya menjadi penekan penguatan rupiah di pekan ini.

Dia memprediksi rupiah masih berpotensi mengalami pelemahan seiring dengan kenaikan kasus Covid-19 global termasuk Indonesia pada pekan ini.

“Rupiah diperkirakan bergerak pada kisaran 14.200-14.300,” tuturnya

Sumber : Bisnis.com

Editor : Realita Indonesia

Bagikan :
error: Content is protected !!