12 Juni 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Nana dan Rudy dicopot dari jabatannya karena dinilai lalai dalam menegakkan protokol kesehatan Covid-19.

Realita Indonesia – Polri menggelar upacara serah terima jabatan (sertijab) sejumlah kepala kepolisian daerah (kapolda) pada Jumat (20/11/2020). Salah satunya adalah jabatan Kapolda Metro Jaya yang akan diemban Irjen Mohammad Fadil Imran menggantikan Irjen Nana Sudjana. Kemudian, Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi akan digantikan oleh Aslog Kapolri Irjen Ahmad Dofiri. “Betul sertijab (Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jabar) hari Jumat, semua kapolda,” ungkap Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono ketika dihubungi.

Irjen Fadil: Berat Tinggalkan Jatim, Sudah Nyaman Diketahui, Nana dan Rudy dicopot dari jabatannya karena dinilai lalai dalam menegakkan protokol kesehatan Covid-19. Polri tak merinci penyebab pencopotan kedua jenderal berbintang dua tersebut. Namun, diduga karena kerumunan massa yang timbul dari acara pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Jakarta dan Jawa Barat.

Baca Juga :   Apakah Sistem Kemenkes Masih Bermasalah? Soalnya Sebagian Data Kasus Covid-19 DKI Tertunda

Mutasi itu tertuang dalam surat telegram Kapolri nomor ST/3222/XI/KEP./2020 tertanggal 16 November 2020. Dalam surat tersebut, kapolda lain yang dirotasi yakni Kapolda Bali Irjen Petrus R. Golose. Petrus akan mendapat penugasan di institusi lain dan penggantinya adalah Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri Irjen Putu Jayan Danu Putra. Kemudian, Kapolda Maluku Irjen Baharudin Djafar dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Koorsahli Kapolri Irjen Refdi Andri akan mengisi posisi Kapolda Maluku. Sementara, posisi yang ditinggalkan Refdi selaku Koorsahli Kapolri akan dijabat oleh Irjen Nana. Lalu, Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta akan menduduki jabatan baru selaku Kapolda Jatim. Adapun posisi Kapolda Jatim sebelumnya diemban Irjen Fadil. Irjen Nana Sudjana Serahkan Jabatan Kapolda Metro Jaya ke Irjen Fadil Imran Posisi Kapolda Kalsel akan diisi oleh Irjen Rikwanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Maluku Utara.

Baca Juga :   Menaker Ida : Sektor Ketenagakerjaan Mulai Terlihat Pulih, Tandanya?

Pengganti Rikwanto adalah Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Risyapudin Nursin. Berikutnya, Kapolda Jambi Irjen Firman Shantyabudi ditunjuk menjadi Aslog Kapolri. Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. I Sespim Lemdiklat Polri Irjen Albertus Rachmad Wibowo diangkat sebagai Kapolda Jambi.

Sumber : Kompas.com

Editor : Realita Indonesia

Bagikan :
error: Content is protected !!