Mulai Juli, Vaksinasi Covid-19 Untuk Masyarakat Umum Mulai Dilaksanakan

realitaindonesia.com – Pelaksanaan vaksinasi untuk usia 18 tahun ke atas baru berlangsung di wilayah Jabodetabek dan Bandung Raya. Sementara untuk daerah lain dijadwalkan akan dimulai pada Juli mendatang.

Juru Bicara Covid-19 dari Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengungkapkan hal itu, Rabu (23/6/2021).

Menurutnya, pemerintah saat ini masih mengatur pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum ini, lantaran bergantung pada ketersediaan vaksin.

“Nanti Juli mulai serentak tapi karena jumlah vaksin tidak datang sekaligus maka harus dilakukan pengaturan pelaksanaannya di daerah,” ujar Nadia.

Pemerintah menargetkan 141,5 juta orang akan menerima suntikan vaksin Covid-19 untuk masyarakat umum ini secara bertahap.

Diketahui, Kementerian Kesehatan meminta Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota di wilayah Bogor, Depok, Tangerang Raya, Bekasi (Bodetabek) dan Bandung Raya agar mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi penduduk berusia di atas 18 tahun.

Baca Juga :   Upah Minimum Ikuti UU Cipta Kerja, Mulai Tahun 2022 Kata Menaker Ida

Permintaan ini merupakan respon atas peningkatan kasus yang terjadi di Bodetabek dan Bandung Raya dalam kurun waktu tujuh hari terakhir.

Keadaan ini tentu menimbulkan kekhawatiran terjadinya lonjakan kasus yang semakin besar.

Sebagai antisipasi, maka percepatan vaksinasi ini diharapkan juga mempercepat tercapainya herd immunity (kekebalan kelompok) di wilayah DKI Jakarta dan daerah penyangganya.

Kendati pemberian vaksin Covid-19 kepada penduduk usia 18 tahun ke atas dipercepat, Kementerian Kesehatan menekankan bahwa pada pelaksanaanya harus memprioritaskan pemberian vaksin kepada tenaga kesehatan dan tenaga kesehatan penunjang di fasilitas pelayanan kesehatan, kelompok masyarakat lansia, petugas pelayanan publik dan masyarakat rentan lainnya (masyarakat di daerah kumuh, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) serta pra lansia) yeng belum mendapatkan vaksinasi maupun yang belum lengkap vaksinasinya.

Baca Juga :   Menkes Budi Gunadi : Belum Capai Target, Vaksinasi Covid-19 Terkendala Keterbatasan Stok

 

Artikel ini telah tayang di :
https://www.tribunnews.com/nasional/2021/06/24/catat-vaksinasi-covid-19-untuk-masyarakat-umum-akan-digelar-mulai-juli

Bagikan :

Next Post

Nason Utty Berharap Pemerintah Buka Dialog Lebih Luas Dengan Kelompok Pro Kemerdekaan Papua

Kam Jun 24 , 2021
realitaindonesia.com – Dalam rangkaian pembahasan revisi UU Otonomi Khusus, DPR Papua meminta pemerintah pusat membuka ruang dialog dengan kelompok pro kemerdekaan Papua, terutama UMLWP yang selama ini sudah membangun gerakan pro kemerdekaan Papua bukan hanya di tingkat akar masyarakat rumput tapi juga dunia internasional. Hal ini penting dilakukan sama halnya […]

Breaking News

error: Content is protected !!