24 Juli 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Mudah Dan Murah, Ini Nih Makanan Penambah Hemoglobin

Realita Indonesia – Hemoglobin atau Hb adalah protein dalam sel darah merah yang sangat penting bagi tubuh. Dikutip dari Medical News Today, hemoglobin bertugas menangkap oksigen dan m nyebarkannya ke seluruh tubuh.

Tugas hemoglobin lainnya adalah membawa karbondioksida keluar dari sel ke paru-paru, yang dihembuskan ke luar saat bernapas. Tidak heran, jika kekurangan Hb mengakibatkan lemas dan tidak bisa beraktivitas dengan baik.

Kadar hemoglobin  tidak sama untuk pria dan wanita bergantung pada usia. Level Hb normal untuk pria dewasa adalah 14-18 gm/dL dan 12-16 gm/dL bagi wanita dewasa.

Makanan ini punya fungsi berbeda hingga akhirnya mampu meningkatkan kadar Hb di dalam tubuh. Selain mengkonsumsi makanan penambah hemoglobin atau Hb, gaya hidup sehat dan menjaga kebersihan tentu harus dijalankan setiap hari.Bila kurang dari jumlah tersebut sebaiknya kadar hemoglobin segera ditingkatkan supaya produktivitas tidak terganggu. Salah satunya adalah mengkonsumsi makanan penambah hemoglobin atau Hb yang murah dan mudah didapatkan.

Baca Juga :   Edhy ditangkap terkait dugaan korupsi izin ekspor baby atau benih lobster.

Berikut makanan penambah hemoglobin atau Hb

1. Makanan kaya zat besi

Mereka yang mengalami kadar Hb rendah bisa merasakan dampak positif dengan mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi. Zat ini mampu meningkatkan produksi hemoglobin di dalam tubuh. Contoh makanan kaya zat besi adalah ikan dan daging, produk berbahan kacang kedelai, telur, kurma dan buah tin, brokoli, sayuran berdaun hijau, peanut butter, berbagai jenis kacang serta biji-bijian.

2. Makanan kaya folat

Makanan penambah hemoglobin atau Hb bisa diperoleh dari yang kaya folat. Tubuh menggunakan folat, yang merupakan salah satu tipe vitamin B, untuk memproduksi heme. Komponen heme adalah penyusun hemoglobin yang bertugas membawa oksigen. Makanan kaya folat adalah daging sapi, bayam, beras, kacang polong hitam, kacang merah, alpukat, selada, dan suplemen sesuai anjuran dokter.

Baca Juga :   KPK masih menelisik kasus dugaan korupsi terkait proyek pekerjaan infrastruktur pada Dinas PUPR Kota Banjar.

3. Makanan untuk meningkatkan serapan zat besi

Selain asupan kaya zat besi, makanan yang mampu meningkatkan asupan unsur tersebut dalam tubuh juga harus dikonsumsi. Makanan penambah hemoglobin atau Hb bisa diperoleh dari asupan yang mengandung Vitamin C, Vitamin A, dan beta karoten.

Makanan yang mengandung vitamin C bisa membantu penyerapan zat besi hingga berdampak positif pada yang mengalami kadar Hb rendah. Contoh asupan kaya vitamin C adalah jeruk, strawberry, dan sayuran berdaun hijau.

Selanjutnya, makanan penambah hemoglobin atau Hb bisa diperoleh dari yang kaya vitamin A dan beta karoten. Makanan ini akan meningkatkan serapan zat besi dan berdampak baik bagi yang mengalami kadar Hb rendah. Contoh asupan kaya vitamin A adalah ikan, hati, labu, ubi, kubis, dan sawi. Untuk asupan kaya beta karoten yang ditandai dengan warna kuning, merah, dan orange adalah wortel, ubi, labu, melon kuning, dan mangga.

Baca Juga :   Pasar Indonesia Diprioritaskan Pemodal Usaha Ventura Asal Tiongkok, Mereka Mulai Fokus Ke Pasar RI

4. Konsumsi suplemen besi

Mengkonsumsi suplemen besi menjadi cara lain meningkatkan kadar hemoglobin atau Hb dalam tubuh. Suplemen harus dikonsumsi sesuai resep dokter sehingga bisa memberi dampak maksimal. Suplemen akan meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh secara bertahap dalam beberapa minggu.ndones

Editor : Realita Indonesia

Sumber : detikhealth.com

Bagikan :
error: Content is protected !!