13 Juni 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Meskipun Ruangan Terbatas, Kita Masih Bisa Menanam Tanaman Hias di Ruangan Loh

JAKARTA, Realita Indonesia – Tak perlu memiliki rumah yang besar serta halaman luas untuk merawat tanaman. Di dalam rumah yang luasannya terbatas juga bisa merawat berbagai tanaman hias yang tidak memakan banyak tempat dan mudah dirawat.
Ada beberapa cara menanam tanaman hias yang bisa dirawat di dalam rumah dengan luasan terbatas, sebagai berikut:

1. Terrarium

Terrarium merupakan opsi untuk menanam tanaman hias yang mudah dirawat di dalam ruangan. Karena berada di dalam wadah tertutup, mereka bisa beradaptasi dengan suhu ruangan, AC, bahkan bahan kimia seperti penyegar udara dan lilin beraroma. Untuk menciptakan efek strata pada tanah, coba lapisi arang di bagian bawah kemudian gambut atau sphagnum moss dan kerikil. Sukulen atau kaktus bisa dipilih untuk menjadi terrarium.

2. Bonsai

Meskipun bonsai cenderung lebih suka ditanam di luar ruangan, namun mereka juga bisa dibawa ke dalam ruangan. Akan tetapi, yang harus diperhatikan adalah bonsai membutuhkan pergerakan udara dan cahaya yang baik. Bonsai suka disiram setiap hari dan akar serta pucuknya dipangkas setiap tahun untuk menjaganya tetap terkendali. Banyak yang berusia puluhan tahun dan menjadi bagian dari keluarga, diturunkan dari generasi ke generasi.

3. Tanaman gantung

Menggantung tanaman dalam pot adalah cara terbaik untuk menghadirkan penghijauan di dalam ruangan, menggunakan ruang vertikal. Cobalah tanaman dalam ruangan yang kuat seperti tanaman ivy dan spider plant, atau pakis di balkon yang teduh. Di area yang lebih cerah, gunakan tanaman sukulen yang merayap seperti string of pearls and chain of hearts.

4. Sukulen

Tanaman seperti sukulen sangat cocok untuk wadah kecil dan dapat dipajang di dinding atau rak dinding. Mereka berakar dengan mudah dari stek dan datang dalam begitu banyak varietas sehingga penampilan mereka seperti kubis dan mawar.

5. Tanaman Rambat

Tanaman rambat merupakan opsi selanjutnya untuk merawat tanaman di lahan terbatas. Tanaman merambat rimbun seperti ivy dan philodendron bisa menjadi pilihan. Namun, yang harus diperhatikan tanaman ini berbahaya bagi hewan peliharaan, jadi letakkan di tempat yang tidak mudah terjangkau oleh hewan peliharaan.
Sumber: kompas.com
Editor: Realita Indonesia
Bagikan :
Baca Juga :   Pembatas Kusir dan Penumpang Wajib dipasang Andong-Becak di Yogyakarta
error: Content is protected !!