27 Juli 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Mengelola Stres bagi Penderita Diabetes Selama Pandemi COVID-19, Ini Tipsnya!

Realita Indonesia – Kita sudah mengetahui bahwa stres kronis dapat berdampak buruk pada kesehatan secara keseluruhan. Namun, bagi penderita diabetes, stres bisa lebih berbahaya karena dapat menghambat tubuh dari melepaskan insulin, yaitu hormon yang mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Stres kronis juga membuat Anda lebih rentan terserang penyakit pernapasan. Oleh karena itu sangat penting untuk mengelola stress, apalasi saat pandemi COVID-19 yang menyerang sistem pernapasan sehingga sangat penting untuk mengelola pikiran agar tetap happy.

Beberapa Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan diabetes berisiko tinggi memperparah kondisi akibat COVID-19.

Makan makanan dengan gizi seimbang dan menerapkan gaya hidup sehat lainnya dapat membantu mengontrol gula darah dalam tubuh sehingga mencegah komplikasi akibat diabetes. Seperti dilansir laman Times Now News, berikut hal sederhana yang dapat dilakukan oleh penderita diabetes untuk mengelola stres.

1. Olahraga
Berolahraga dapat membantu mengurangi stres dan memberikan beberapa manfaat kesehatan lainnya. Beberapa Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan melakukan aerobik secara teratur dapat mengurangi tingkat stres, menstabilkan suasana hati, hingga meningkatkan kualitas tidur.2. Luangkan waktu untuk bersantai
Anda bisa memilih beberapa aktivitas yang membuat pikiran dan tubuh rileks seperti yoga, meditasi, latihan pernapasan untuk menguranginstres, meningkatkan dan menjaga kesehatan mental.

Baca Juga :   Pagi Ini Terjadi Kebakaran Yang Melanda Masjid Habib Kwitang, Belum Ada Laporan Korban Jiwa

3. Makan diet seimbang
Perlu diketahui, menurut para ahli, Diet sehat dan seimbang dapat membantu mencegah lonjakan gula darah dalam tubuh. Anda bisa Lebih fokus untuk konsumsi buah-buahan segar, sayuran, atau sereal serat tinggi yang terbuat dari gandum, lalu anda disarankan konsumsi sumber protein berkualitas tinggi yang bisa didapat dari telur, kacang-kacangan, susu rendah lemak, dan ikan.

4. Sertakan herbal dan rempah-rempah
Herbal dan rempah-rempah tertentu seperti jahe, kunyit, bawang putih, dan lainnya diyakini tidak hanya membantu melawan stres tetapi juga dapat bermanfaat untuk mengontrol diabetes.

5. Mencari bantuan medis
Pergi ke Dokter bukanlah ide yang buruk dan mungkin sangat disarankan karena dapat membantu Anda mengatasi stres yang berlebihan.

Baca Juga :   Ridwan Kamil memprediksi pembangunan Rebana Metropolitan akan menyerap 4,3 juta tenaker.
Editor : Realita Indonesia
Sumber : sindonews.com
Bagikan :
error: Content is protected !!