Mendagri Mengatakan Pandemi Covid-19 Di Indonesia Tengah Memburuk.

Realita Indonesia – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, pandemi Covid-19 di Indonesia tengah memburuk.

Dia pun meminta, kepala daerah sebagai penanggung jawab di daerahnya masing-masing dapat mengendalikan penyebaran Covid-19 ini.

Sebagai gambarannya, angka di Indonesia pada 30 November 2020 total akumulatifnya ada 538.883 orang yang dinyatakan positif Covid-19. Bahkan pada 29 Nobember sempat terjadi penambahan sampai 6.267 orang.

“Angka-angka ini memperlihatkan bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia tengah memburuk, sehingga butuh langkah cepat dan proaktif dari kepala daerah untuk mengatasi ini untuk mengendalikan penyebaran Covid-19,” kata Tito dalam keterangan pers yang dikutip pada Selasa (1/12/2020).

Oleh karena itu, Tito berharap kepala daerah memberikan perhatian lebih khusus kepada masyarakat di daerahnya untuk menerapkan protokol kesehatan, terlebih menjaga dari kerumunan.

Baca Juga :   Bos Bio Farma Sebut Vaksin Novavax Bakal Masuk Ke RI Di Kuartal II Tahun Ini

Menurut dia, hal itu juga sudah jelas diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Sehingga tidak ada lagi alasan untuk melanggar protokol kesehatan.

“Penanganan Covid-19 membutuhkan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah. Saya harap kepala daerah dapat menjadi ujung tombak sosialisasi penerapan protokol kesehatan,” jelas Tito.

Tito menuturkan, pengendalian Covid-19 merupakan tantangan untuk kepala daerah sebab tidak hanya berkaitan dengan masalah kesehatan semata, tetapi juga ekonomi.

“Ujian kepemimpinan itu ada disaat krisis, bukan disaat normal. Coba mengeluarkan strategi bagaimana menangani kesehatan sebaik mungkin, tapi sekaligus tidak membiarkan ekonomi menjadi mandek (berhenti), tetap bergerak,” kata Tito.

Baca Juga :   Demi Ambil Uang Rp 500 Ribu dan Cincin Emas, Pria di Aceh Tega Bunuh Nenek Sendiri

Sumber : Liputan6

Editor : Realita Indonesia

Bagikan :

Next Post

Rizieq Shihab menolak mengumumkan hasil pemeriksaan virus Covid-19 ke publik.

Sel Des 1 , 2020
Realita Indonesia – Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab menolak mengumumkan hasil pemeriksaan virus corona atau Covid-19 ke publik. Rizieq juga menolak upaya penelusuran kontak yang dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19. Sikap tertutup Rizieq Shihab mendapat respons serius dari pemerintah. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan […]

Breaking News

error: Content is protected !!