Masuk 100 PT Terbaik Indonesia, Universitas Kristen Maranatha Bandung

Realita Indonesia – Universitas Kristen Maranatha (UK Maranatha) Bandung masuk dalam jajaran 100 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Pencapaian ini diraih UKM pada usianya ke-55 tahun pada 2020 ini.

Rektor UK Maranatha Sri Widiyantoro mengatakan, memperingati hari jadinya yang ke-55 dan tengah situasi global yang masih diselimuti pandemi ini, Universitas Kristen Maranatha (UK Maranatha) sangat bersyukur atas prestasi yang dicapainya.

Prof. Sri menyebutkan, setidaknya ada empat pengakuan nasional dan internasional yang menempatkan UK Maranatha dalam peringkat 100 besar. Yang pertama adalah peringkat 79 dalam daftar Top Universities in Indonesia berdasarkan pemeringkatan uniRank (4ICU).

Berikutnya adalah peringkat 56 Webometrics Ranking of World Universities 2020. Kemudian, hasil klasterisasi perguruan tinggi yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), menempatkan UK Maranatha pada urutan ke-84 dari 2.136 perguruan tinggi di Indonesia.

Baca Juga :   Pesawat TNI AU yang Jatuh Timpa 2 Rumah Kosong di Kampar

“Yang terbaru, adalah pemeringkatan bidang kemahasiswaan perguruan tinggi yang diumumkan oleh Kemendikbud pada akhir bulan lalu. UK Maranatha memperoleh peringkat 52 kategori perguruan tinggi nonvokasi nasional,” kata Sri Widiyantoro dalam keterangan persnya, Minggu (13/9/2020).

Menurut dia, dalam Dies Natalis lalu, situasi yang berubah sedemikian cepat telah mendorong UK Maranatha untuk beradaptasi dan berinovasi dengan sigap. Adaptasi menjadi kata kunci untuk menghadapi tantangan demi tantangan. Mulai dari penerapan protokol kesehatan, penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh, hingga tercetusnya kegiatan-kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang terkait langsung dengan pencegahan dan penanggulangan penyebaran hingga pengobatan COVID-19.

Menghadapi adaptasi kebiasaan baru, UK Maranatha telah memiliki sistem informasi manajemen pembelajaran yang terbukti sangat mendukung proses pembelajaran jarak jauh. Tidak hanya itu saja, Maranatha juga tengah mengembangkan kurikulum dengan profil lulusan industri 4.0 dan mendukung kebijakan “Kampus Merdeka” yang telah digulirkan oleh Kemendikbud RI.

Editor : Realita Indonesia
Sumber : sindonews.com
Bagikan :
error: Content is protected !!