Manfaat Daun Belimbing Wuluh

Realita Indonesia, Jakarta – Belimbing wuluh adalah buah dengan rasa asam, tajam, dan berair. Belimbing wuluh digunakan dalam tujuan pengobatan karena sifat asamnya yang tinggi. Namun ternyata daun belimbing wuluh ternyata juga mengandung beberapa manfaat sehat.

1. Obat batuk

Daun belimbing wuluh bisa mengobati penyakit batuk. Caranya siapkan segenggam daun belimbing wuluh, bunga belimbing wuluh, dan 2 buah belimbing wuluh. Rebus bahan tersebut dengan 2 gelas air, dan tambahkan gula batu secukupnya. Tunggu hingga mendidih dan airnya tersisa setengah. Saring, lalu minum ramuan tersebut.

2. Menurunkan panas tinggi dan demam

Daun belimbing wuluh juga sangat bermanfaat untuk menurunkan panas demam.

Dengan menggunakan dan memanfaatkan daun belimbing wuluh, maka panas yang diderita bisa reda. Caranya adalah dengan mengompres penderita panas demam dengan menggunakan tumbukan daun belimbing wuluh.

Baca Juga :   Ini Sebabnya, pada Musim Pancaroba Infeksi Virus Lebih Mudah Terjadi

3. Mengobati diabetes

Daun belimbing wuluh juga memiliiki manfaat yang baik untuk mengobati diabetes. Meskipun mungkin tidak akan sembuh secara total, tetapi paling tidak dengan mengonsumsi daun belimbing wuluh secara rutin, resistensi insulin yang dialami oleh penderita diabetes bisa berkurang, dan gejala-gejala dari diabetes pun akan berkurang.

4. Menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri

Daun belimbing wuluh memiliki banyak senyawa-senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh. Salah satu senyawa dari daun buah belimbing wuluh yang baik adalah flavonoid. Senyawa yang terkandung dalam daun belimbing wuluh ini sangat efektif dan memiliki efek yang cukup baik untuk menghambat pertumbuhan beberapa bakteri pada tubuh.

5. Sebagai pengobatan reumatik

Baca Juga :   Selain Bisa Menyembuhkan Sakit Kepala, Daun Sirih Pun Punya Manfaat Untuk Mata Minus Dan Rabun

Manfaat pertama dari daun belimbing wuluh terhadap kesehatan adalah daun belimbing wuluh mampu untuk menyembuhkan reumatik. Reumatik merupakan kondisi di mana penderitanya mengalami sakit pada bagian otot-otot tubuh tertentu, sehingga sulit untuk digerakan. Biasanya reumatik ini muncul karena faktor usia dan juga kurangnya asupan gizi. Caranya ambil dan cuci bersih segenggam daun belimbing wuluh. Tumbuk daun tersebut hingga halus, tambahkan kapur sirih pada tumbukan daun tersebut. Oleskan campuran kapur sirih dan daun belimbing wuluh pada bagian tubuh yang teras sakit.

Sumber: jpnn.com

Editor: Realita Indonesia

Bagikan :
error: Content is protected !!