Layar Ponsel Bukan Lagi Kaca tapi Kayu Transparan Dimasa Depan Nanti

Realita Indonesia –  Saat dunia sibuk menciptakan layar kaca fleksibel untuk ponsel dengan layar yang bisa dilipat, ada peneliti yang mencoba memberikan tampilan berbeda bahkan ramah lingkungan pada layar smartphone.

Peneliti Junyong Zhu dari Laboratorium Hasil Hutan bekerja sama dengan mitranya dari Universitas Maryland dan Universitas Colorado, AS, telah mengembangkan bahan kayu transparan yang dapat digunakan untuk ponsel pintar. Ya ini adalah masa depan dari layar handphone di masa depan.

Laman GSM Arena melaporkan, tim peneliti menggunakan kayu balsa sebagai bahan dasar, yang kemudian diberi bak pengoksidasi suhu kamar yang membuatnya hampir transparan. Kemudian kayunya diisi polimer sintetik yang disebut polivinil alkohol (PVA) sehingga transparan seperti kaca.

Baca Juga :   Ini Kata BPOM, Soal Mantan Menkes Terawan Yang Buat Vaksin Nusantara AntiCovid-19

Kayu transparan ini memiliki karakteristik yang sangat menarik. Ini lebih tahan lama dan ringan dari kaca biasa dan bengkok. Alih-alih pecah, material baru ini tak pecah saat terjatuh dan dapat menahan benturan yang jauh lebih kuat daripada kaca. Last but not least, panel tersebut sangat murah untuk diproduksi secara massal.

Saat ini, para peneliti fokus pada aplikasi dalam konstruksi. Karena efisiensi termal yang tinggi dari bahan itu, bahan tersebut ideal untuk jendela, menggantikan kaca konvensional. Ini mungkin juga berpotensi digunakan dalam industri otomotif.

Editor : Realita Indonesia

Sumber  : sindonews.com

Bagikan :

Next Post

Keren! Motor Listrik ( The Survivor ) Anak Bangsa untuk Korban Pandemi

Kam Okt 8 , 2020
Realita Indonesia – YouTuber Alitt Susanto dan Ateng Andi Akbar dari bengkel modifikasi Katros Garage membuat sebuah motor listrik modifikasi bernama The Survivor. Motor modifikasi listrik itu didedikasikan oleh keduanya sebagai motor untuk mengapresiasi masyarakat Indonesia yang menjadi korban pandemi Covid-19. “Nama motor ini semula Honda eBeat. Namun kami ganti menjadi The Survivor karena […]

Breaking News

error: Content is protected !!