12 Juni 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Lampu Hijau Menyala Secara Bersamaan di Perempatan Pondok Indah

Realita Indonesia Lampu lalu lintas (traffic light) di perempatan Pondok Indah Mall (PIM) bikin bahaya. Soalnya, lampu hijau dari dua arah berlawanan terkadang menyala bareng. Kendaraan dari dua arah nyaris bentrok di tengah perempatan.

Keanehan lampu hijau ini terjadi antara kendaraan dari Jl Sultan Iskandar Muda arah Jl Metro Pondok Indah dan sebaliknya, Jl Metro Pondok Indah arah Jl Sultan Iskandar Muda atau Jl Margaguna Raya.

Pantauan Realita Indonesia pada Kamis (7/1/2021) pukul 08.30 WIB, traffic light menunjukkan warna hijau di Jl Sultan Iskandar Muda. Nyala lampu hijau di Jl Sultan Iskandar Muda ini hanya sekitar 5 detik, setelah itu mati.

Setelah lampu hijau di sini mati, apakah lampu merah kemudian menyala? Tidak. Lampu merah malah ikut mati juga. Jadinya, tidak ada lampu yang menyala untuk sementara waktu. Baru setelah 3 detik lampu mati, lampu merah menyala. Kendaraan sudah kadung melaju.

Baca Juga :   Dibuka Dalam Waktu Dekat, Pemprov DKI Susun Konsep Rencana Untuk Pembelajaran Tatap Muka

Dalam momen bersamaan, ternyata sepeda motor dan mobil dari arah Jl Metro Pondok Indah terlihat bergerak dan melaju ke arah Jl Sultan Iskandar Muda-Jl Margaguna Raya. Kendaraan-kendaraan ini bukannya melanggar lampu merah. Mereka mulai maju karena lampu hijau di Jl Metro Pondok Indah juga sudah menyala. Jadi, lampu hijau dari kedua arah menyala bareng!

Selanjutnya, lampu dari arah Jl Sultan Iskandar Muda hanya menyala 5 detik

Hanya saja, lampu hijau di Jl Sultan Iskandar Muda cuma menyala 5 detik saja. Kecenderungan yang teramati, kendaraan-kendaraan dari Jl Sultan Iskandar Muda cenderung berhenti di tengah. Jumlah mereka lebih sedikit, terdiri dari sepeda motor dan mobil. Ada pula satu sepeda kayuh yang melintas.

Lampu hijau dari arah Jl Metro Pondok Indah cenderung menyala lebih lama sehingga kendaraan-kendaraan lebih percaya diri melaju.

Baca Juga :   Kantor PLN Mamuju Rusak Berat Akibat Gempa M 6,2 Majene

“Tin! Tin! Tin!,” suara klakson dari dua arah kendaraan saling bersahut. Mereka semua merasa benar karena sudah melihat lampu hijau.

Suasana pagi hari ini terpantau cukup teratur, tidak terlihat penumpukan kendaraan (kemacetan) yang terjadi disebabkan oleh lampu hijau yang sebentar tersebut. Tidak terlihat juga ada tabrakan atau kecelakaan akibat kejadian ini.

Namun pada waktu-waktu sebelumnya, kecelakaan sudah sering terjadi gara-gara lampu hijau eror ini. Sering pula pengendara dari dua arah saling mengumpat karena sama-sama merasa benar.

Sampai pada pukul 09.00 WIB, traffic light Jl Sultan Iskandar Muda ke arah Jl Metro Pondok Indah masih terpantau sama. Tidak ada perubahan durasi lampu hijau pada Jl Sultan Iskandar Muda.

Setelah pukul 10.00 WIB, durasi lampu hijau dari Jl Sultan Iskandar Muda mulai kembali normal. Terhitung sekitar 20 detik durasi lampu hijau sebelum menjadi merah kembali. Sedangkan untuk lampu hijau di Jl Margaguna Raya dan Jl Kartika Utama sekitar 30 detik durasi lampu hijaunya, namun untuk Jl Metro Pondok Indah terpantau sekitar 60 detik durasi lampu hijaunya.

Baca Juga :   Ini Kata Epidemiolog : Segera Terapkan Sanksi Progresif untuk Pelanggar Protokol Kesehatan

Sebenarnya, ada underpass (jalan kolong) yang bisa dilalui kendaraan dari arah Jl Sultan Iskandar Muda ke Jl Metro Pondok Indah. Namun tetap, masih banyak pengguna jalan yang tidak menempuh underpass dan harus berhadapan dengan lampu hijau yang eror itu, setidaknya sebelum pukul 10.00 WIB.

Kondisi keadaan lalu lintas terpantau normal di perempatan Pondok Indah Mall. Hanya saja terlihat para pengendara motor yang menunggu lampu hijau melebihi jalur zebra cross.

Sumber: news.detik.com

Editor: Realita Indonesia

Bagikan :
error: Content is protected !!