Kuasa Hukum FPI Sambangi Polda Metro Jaya, Minta Surat Pemeriksaan Tersangka Rizieq

Realita Indonesia – Kuasa hukum Front Pembela Islam (FPI) menjadwalkan menyambangi Mapolda Metro Jaya. Kunjungan tim kuasa hukum itu menyusul polisi menetapkan enam orang tersangka terkait kasus kerumunan di Tebet dan Petamburan.

Salah satu orang ditetapkan sebagai tersangka yakni pimpinan FPI Muhammad Rizieq Syihab. Sementara lima orang lainnya yang ditetapkan sebagai tersangka yaitu Haris Ubaidillah, Ali Alwi Alatas, Maman Suryadi, Ahmad Sabri Lubis, dan Idrus.

“Kami tim kuasa hukum akan mendatangi Polda Metro Jaya pagi ini,” kata Wakil Sekretaris sekaligus kuasa hukum Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar dalam keterangannya, Jumat (10/12).

Kedatangannya ke Polda Metro Jaya tersebut bertujuan untuk meminta surat pemanggilan terhadap para tersangka. “Meminta surat panggilan pemeriksaan sebagai tersangka atas seluruh tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana sebagaimana surat penetapan tersangka no B/20079/XII/Res.1.24/2020/Ditreskrimum tertanggal 9 Desember 2020,” ujarnya

Baca Juga :   Infrastruktur Jembatan Teluk Kendari Akan Dorong Konektivitas, Dan Sudah Diresmikan Jokowi Lho!

Sebelumnya, Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan. Penetapan ini terkait kerumunan saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putri dari Rizieq Syihab, Syarifah Najwa di Petamburan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan Selain Rizieq, Polisi menetapkan lima tersangka lain.

Lima tersangka dikenakan pasal Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Sementara Rizieq dijerat dengan Pasal 160 KHUP dan Pasal 216 KUHP.

Yusri menerangkan, penetapan tersangka merupakan hasil kesepakatan dari penyidik setelah merampungkan gelar perkara pada Selasa (8/12/2020) kemarin.

“Ada enam yang ditetapkan sebagai tersangka pertama penyelenggara saudara MRS, kedua ketua panitia HU, sekretaris panitia A, MS penanggung jawab, SL penanggung jawab acara, dan HI kepala seksi acara,” kata dia di Polda Metro Jaya, Kamis (10/12/2020).

Baca Juga :   Apakah Sistem Kemenkes Masih Bermasalah? Soalnya Sebagian Data Kasus Covid-19 DKI Tertunda

Sejumlah kegiatan yang dihadiri oleh Rizieq Shihab dinilai mengabaikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Antara lain peletakan batu pertama pembangunan Masjid Raya Syariah, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselingi akad nikah putri dari Rizieq Shihab, Syarifah Najwa.

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis bahkan langsung merotasi Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi dari jabatannya karena dituding tak tegas menegakkan aturan protokol kesehatan hingga menimbulkan kerumunan.

Polisi telah memeriksa sejumlah saksi untuk mendalami dugaan pelanggaran protokol tersebut.

Sumber : Merdeka.com

Editor : Realita Indonesia

Bagikan :

Next Post

Wiss...Indonesia Udah Dapet Izin Dari AS Buat Beli Jet Tempur F-15 Dan F-18 Nih!

Jum Des 11 , 2020
Realita Indonesia – Amerika Serikat (AS) telah mengindikasikan akan menjual¬†jet tempur F-15 dan F-18 ke¬†Indonesia setelah berbulan-bulan pertemuan antara pejabat tinggi pertahanan dari kedua negara. Hal itu disampaikan seorang pejabat Kementerian Pertahanan Indonesia. Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertahanan AS Christopher Miller telah berada di Jakarta pada hari Senin dan Selasa […]

Breaking News

error: Content is protected !!