KSPI : Subsidi Gaji Jangan Ditunda Terlalu Lama

Realita Indonesia – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia ( KSPI) meminta kepada pemerintah agar jangan menunda terlalu lama penyaluran bantuan subsidi gaji sebesar Rp 600.000 per bulan.

Subsidi gaji ini akan diberikan kepada 15,7 juta pekerja swasta maupun pegawai pemerintahan non-pegawai negeri sipil (PNS).

“Iya (tidak masalah tertunda), asal jangan terlalu lama. Karena seperti yang Presiden Jokowi bilang agar serapan anggaran selama Covid-19 harus maksimal,” kata Presiden KSPI Said Iqbal.

Pasalnya, menurut Iqbal, apabila subsidi gaji pada akhirnya tidak disalurkan secara cepat sesuai komitmen pemerintah dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan, maka dianggap gagal menjalani program dari Presiden Joko Widodo.

“Kalau berlarut-larut maka Menaker gagal menjalankan program Presiden,” ujarnya.

Baca Juga :   Penumpang pesawat dari Selandia Baru dites negatif COVID-19, Tapi Tulari 4 Orang Lainnya

Perlu diketahui, awalnya pemerintah melalui Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengumumkan akan menyalurkan bantuan subsidi gaji pada 25 Agustus 2020. Terlebih lagi, program penyaluran subsidi gaji akan diluncurkan oleh Presiden.

Namun, Menaker meminta maaf kepada 2,5 juta pekerja tahap pertama yang telah tervalidasi datanya oleh BP Jamsostek.

Sebab, pihaknya akan memvalidasi kembali kesesuaian data sebelum diserahkan kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) di Kementerian Keuangan.
“Kalau di juknisnya (petunjuk teknis) waktu paling lambat 4 hari untuk melakukan check list. Jadi 2,5 juta (pekerja batch pertama), kami mohon maaf butuh kehati-hatian untuk menyesuaikan data yang ada,” katanya dalam konferensi pers.

Pemerintah telah menganggarkan Rp 37,7 triliun untuk program subsidi pekerja terdampak Covid-19. Untuk nominal yang akan diterima nantinya sebesar Rp 600.000 per bulan untuk 1 orang pekerja selama 4 bulan.

Baca Juga :   Presiden Jokowi : Memperingati Isra Mi'raj Nabi Muhammad Mengingatkan Kita Pada Keagungan Allah SWT

Setiap pekerja nantinya bakal menerima total Rp 2,4 juta selama program subsidi gaji berjalan. Adapun skema pencairan atau transfer dana dilakukan 2 bulan sekaligus sebanyak 2 kali.

Editor : Realita Indonesia
Sumber : Kompas.com

Bagikan :

Next Post

Suntik Vaksin Covid-19 ke Seluruh Warga Indonesia, Janji Jokowi

Jum Agu 28 , 2020
Realita Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali buka kemungkinan akan terciptanya vaksin penangkal virus corona atau Covid-19. Dia memproyeksikan vaksin Covid-19 itu bisa diproduksi pada kurun waktu antara Desember 2020 dan Januari 2021. Setelah berhasil diproduksi, Jokowi berjanji akan langsung menyuntikan vaksin kepada seluruh masyarakat Indonesia. Dia pun percaya […]
janji jokowi akan bagi bagi vaksin covid-19 ke seluruh warga indonesia ( foto Dok.DialekSIS )

Breaking News

error: Content is protected !!