17 Mei 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

KPU Jatim Minta Inovasi di Pilkada Serentak 2020

illustrasi pilkada serentak ( fofo Dok.detikNews )

Realita Indonesia – KPU Jatim mendorong inovasi dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di 19 kabupaten dan kota se-Jatim. Tujuannya, agar partisipasi pemilih tidak turun.

Daerah yang akan menggelar pilkada di Jatim terdiri atas 16 kabupaten dan tiga kota, masing-masing Kabupaten Pacitan, Ponorogo, Ngawi, Trenggalek, Kediri, Lamongan, Tuban, Gresik, Mojokerto, Malang, Blitar, Sidoarjo, Sumenep, Jember, Situbondo, dan Banyuwangi, kemudian Kota Blitar, Pasuruan, dan Kota Surabaya.

“Pada awalnya KPU RI memberikan target kehadirian pemilih saat Pilkada Serentak 2020 sebanyak 77,9 persen, namun, akibat pandemi Covid-19, target tersebut diturunkan menjadi 77,5 persen,” ujar Ketua KPU Provinsi Jatim, Choirul Anam, seperti yang dikutip dari Antara, Kamis (27/8/2020).

Baca Juga :   Polda Metro Jaya Rilis ETLE Berbasis Portable, Gimana Cara Kerjanya?

Meskipun demikian, ia tetap optimistis bisa melampui target 77,9 persen karena pada Pemilu 2019, tingkat partisipasi di Jatim tinggi mencapai 82 persen.

Oleh karena itu, KPU Jatim meminta masukan dari berbagai pihak bagaimana menumbuhkan, membangun sekaligus meningkatkan kesadaran politik masyarakat untuk bisa berpatisipasi dalam pemilu.

Anam mengatakan bahwa partisipasi aktif tidak hanya meminta masyarakat Jatim untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) saat pemilu, tetapi secara umum masyarakat ikut secara aktif dalam pengawalan, pengawasan, dan menjadi penyelenggara pemilu.

Editor : Realita Indonesia
Sumber : liputan6.com

Bagikan :
error: Content is protected !!