12 Juni 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Korban yang Selamat Melihat Warga Digulung Tanah Longsor Cimanggung

Realita Indonesia, Sumedang – Ogi (24), warga Dusun Bojongkondang, Desa Cihanjuang, Cimanggung, Kabupaten Sumedang masih trauma mengingat kejadian longsor yang nyaris hampir menewaskan dirinya, Sabtu (9/1/2021). Ketika itu, Ogi bersama seorang temannya tengah melihat suasana pasca longsor pertama.”Setelah longsor yang pertama banyak warga yang datang ke lokasi bencana. Ada yang datang untuk selfie, setelah itu pulang. Datang lagi yang lain, sampai akhirnya ada suara ledakan dari atas bukit,” kata Ogi saat ditemui di kediamannya, Senin (11/9/2021). Lokasi rumah Ogi dan lokasi bencana hanya terpaut beberapa puluh meter saja.

“Longsor susulan datang lagi jam setengah delapan malam kira-kira. Saya lihat di sana warga digulung tanah seperti ditabur nampan, menyeramkan sekali. Saya juga berusaha melarikan diri sambil tak sadar, menjejak tubuh orang yang kebawa longsoran, saat itu semuanya panik,” kata Ogi melanjutkan.

Baca Juga :   Ekonom : Resesi Berpotensi Picu Gelombang Besar PHK, Untuk Ingatkan PHK

Ia beruntung hanya mengalami luka memar di kaki dan bagian tangannya, sedangkan temannya tergulung longsor dan belum ditemukan sampai saat ini. “Petugas juga sebenarnya mengimbau agar warga tak datang mendekat ke lokasi bencana,” katanya.

Hingga berita ini diturunkan tim SAR gabungan masih mencari korban yang hilang tertimbun material longsor. Dari data yang dihimpun hingga pukul 13.00 WIB, jumlah korban yang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia sebanyak 13 orang dan 27 orang lainnya dilaporkan masih dalam pencarian.

Kepala Basarnas Bandung Deden Ridwansyah mengatakan, pencarian korban akan dibagi ke dalam tiga sektor wilayah. Pencarian pun akan menggunakan dua metode, yakni dengan menggunakan alat berat dan manual.

Baca Juga :   Segera Cair! Untuk Kenaikan Dana BOS Rp100 Ribu Per Siswa Madrasah

“Kita atur sedemikian rupa, sehingga semua unsur yang tergabung bisa bekerja sesuai dengan kapasitas dan kemampuannya,” ujar Deden saat ditemui di posko bencana longsor, Senin (11/1).

Sumber: detik.com

Editor: Realita Indonesia

Bagikan :
error: Content is protected !!