13 Juni 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Kemendikbud Hubungkan Industri, Perguruan Tinggi Untuk Wujudkan Kampus Merdeka

dirjen dikti kemendikbud

Realita Indonesia – Ditjen Dikti Kemendikbud melakukan nota kesepahaman dengan KADIN Jawa Barat untuk mempertemukan antara inventor dan investor serta memperkuat program Kampus Merdeka.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Sesditjen Dikti) Kemendikbud Paristiyanti Nurwardani mengatakan, pihaknya sangat mendukung adanya kerjasama dengan KADIN Jabar ini karena akan memperkuat ekosistem pentahelix antara perguruan tinggi dengan dunia industry dan stakeholder lainnya untuk memulihkan perekonomian bangsa paska pandemic.

“Tindaklanjutnya kami akan mempertemukan inventor dengan investor untuk saling bersinergi,” katanya pada penandatanganan MoU antara Ditjen Dikti dengan KADIN Jabar di kantor Kemendikbud, Rabu (2/9).

Paris menjelaskan, kerja sama dengan KADIN Jabar juga untuk memperkuat program Kampus Merdeka. Salah satunya kemudahan magang dan praktek bagi mahasiswa. Paris mengatakan, untuk program magang ini Kemendikbud ingin memastikan para pengusaha nantinya akan mendapat mahasiswa magang yang sesuai dengan kebutuhannya.

Baca Juga :   Ternyata Minyak Jojoba Baik Banget Buat Kecantikan, Apa Saja?

Dia menjelaskan, mahasiswa yang magang ini nantinya bisa mendapat pengetahuan baru tentang apa saja yang baru diterapkan di dunia usaha dan industry. Proses magangnya nanti akan dilaporkan ke perguruan tinggi masing-masing sehingga akan ada reorientasi kurikulum yang bisa dilakukan antara perguruan tinggi dan industry.

“Reorientasi kurikulum agar terus menerus ada perbaikan agar makin dekat dan relevan antara kurikulum perguruan tinggi dengan kurikulum di industry dan dunia usaha,” jelas Paris.

Sedangkan Kepala KADIN Jabar Tatan Pria Sudjana mengatakan, KADIN akan terus membangun sinergi dengan seluruh stakeholder termasuk dengan dunia pendidikan. Diapun mendukung adanya konsep triple helix maupun penta helix yang diusung Kemendikbud. Selain itu juga membantu program Kampus Merdeka.

Baca Juga :   Mendikbud Mengapresiasi UT, Karena 1,7 Juta Lulusan Dan 36 Tahun Gelar PJJ

“Kerja sama triple helix untuk membangun akselerasi ekonomi sehingga setiap riset ataupun perguruan tinggi tak hanya ciptakan alumni sesuai standar kampus tapi sesuai dengan kebutuhan industri,” katanya.

Editor : Realita Indonesia
Sumber : sindonews.com
Bagikan :
error: Content is protected !!