Kecamatan Tarogong Kidul Peringati Hari Jadi Yang Ke -20 Dengan Meriah

oleh -2271 Dilihat
oleh

GARUT, REALITA INDONESIA.COM –Suasana pagi itu sangat meriah, ibu-ibu nampak bersemangat berkumpul di lapang Paris,dalam rangka memperingati hari jadi ke-20, Kecamatan Tarogong Kidul yang lahir pada 23 Desember 2002, menggelar berbagai acara seperti Fun Run,Lomba Tumpeng, hingga Jalan Sehat yang dipusatkan di Lapang Paris, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Sabtu (24/12/2022).

Acara ini dihadiri langsung oleh Plt. Asisten Daerah (Asda) 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Ganda Permana. Dalam sambutannya, atas nama pemerintah daerah mengapresiasi pelaksanaan acara _Milangkala_ ke-20 Kecamatan Tarogong Kidul ini, yang dinilainya mampu menunjang geliat perekonomian di masyarakat.

“Tentunya pemerintah daerah mengapresiasi dengan kegiatan ini, setidaknya setelah pandemi yang 2 tahun kita relatif tinggal di rumah, hari ini kita menyelenggarakan acara ini tentunya sangat menunjang terhadap geliat perekonomian. Namun demikian, saya kira mudah-mudahan bapak ibu sekalian masih bisa menjaga protokol kesehatan, yang ketiga saya ucapkan selamat kepada seluruh warga Tarogong Kidul yang pada hari ini memperingati hari ulang tahun yang ke-20,” ujar Ganda.

Ia berharap kedepan Kecamatan Tarogong Kidul bisa lebih baik lagi, karena menurutnya esensi peringatan hari ulang tahun itu adalah mengevaluasi terhadap hal-hal yang telah dilakukan setahun kebelakang, dan melihat hal apa yang bisa dilakukan ke depan.

Sementara itu, Camat Tarogong Kidul, Doni Rukmana, menuturkan, sejak berdiri pada tahun 2002 lalu, Kecamatan Tarogong Kidul sudah dipimipin oleh 5 camat berbeda, dari mulai dipimpin oleh Tedi Iskandar hingga kini tonggak kepemimpinan dipimpin olehnya.

Doni mengatakan jika salah satu rangkaian acara dalam Milangkala ke-20 Kecamatan Tarogong Kidul yaitu fun run atau lari marathon mendapatkan respon yang bagus dari masyarakat, karena hal tersebut masih jarang digelar di Kabupaten Garut. Di tahun 2023 nanti pihaknya akan kembali menggelar fun run.

“Yang kedua kegiatannya adalah gerak jalan sehat, yang mudah-mudahan ini memicu masyarakat kami sehat, termasuk dari bagaimana menggulirkan perekonomian kuliner yaitu di depan sana, dan yang ketiga kegiatannya ada tabligh akbar insya Allah kita akan diisi dengan Ustadz Fuad yang dari Sumedang,” tutur Doni.

Ia memaparkan beberapa rangkaian acara tadi dikemas sedemikian rupa, dengan tujuan bisa menggulirkan perekonomian di Kecamatan Tarogong Kidul.

“Terutama di masa pandemi, (apalagi) besok lusa (ada ancaman) inflasi tinggi di Kabupaten Garut, mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini kita bisa merangsang masyarakat bagaimana memberdayakan dirinya termasuk memberdayakan masyarakat di sekitarnya,” paparnya.

Doni menjelaskan kondisi Kecamatan Tarogong Kidul terus mengalami perkembangan khususnya di bidang infrastruktur, seiring juga dengan pembangunan yang dilakukan oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan, di wilayah Kecamatan Tarogong Kidul.

Doni menambahkan, pihaknya juga akan mengembangkan salah satu potensi yang dimiliki oleh Kecamatan Tarogong Kidul yakni Embung Cibunar, Di mana kedepannya akan dibangun sebuah bumi perkemahan di lokasi tersebut.

“Insya Allah ke depan kami mengharapkan di Cibunar ini ada bumi perkemahan, bumi perkemahan yang khusus yang ada di perkotaan, kami sudah gagas ya Insya Allah dengan didukung semua pihak sudah bisa sudah bisa diuji cobakan sebetulnya seperti itu,” imbuh Doni.

Ia berharap diumurnya yang sudah menginjak usia 20 tahun, masyarakat Kecamatan Tarogong Kidul semakin bertaqwa, maju, termasuk pemerintahannya pun semakin amanah.

“Tentu dengan berkolaborasi dengan semua pihak Insya Allah kami berupaya semaksimal mungkin bagaimana Kecamatan Tarogong Kidul lebih baik daripada hari kemarin, Insya Allah hari besok akan lebih baik daripada hari ini,” harap Doni.(Om Danur)

No More Posts Available.

No more pages to load.