13 Juni 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Kabar Bahagia, Berenang Bantu Penyembuhan Gangguan Jantung

realita.com – Olahraga telah lama terbukti punya segudang manfaat kesehatan, begitupula dengan olahraga berenang. Selain menjadi olahraga ideal untuk menurunkan berat badan, berenang juga bermanfaat untuk kesehatan persendian, manajemen nyeri, dan meringankan gejala arthritis.

Nah, satu lagi manfaat berenang yang sayang kita lewatkan, yaitu menjaga kesehatan jantung. Bahkan, rutin berenang juga membantu penyembuhan pasien yang telah terdiagnosis memiliki gangguan jantung.

Menurut pakar jantung Erik Van Iterson, berenang bisa dilakukan dengan aman jika Anda memiliki kondisi jantung yang stabil dan sedang memikirkan rehabilitasi jantung. Berenang untuk kesehatan jantung Berenang telah lama terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan. Mereka yang rutin berenang, bahkan hanya dalam waktu singkat, bisa mendapatkan manfaat berikut: meningkatkan jumlah darah yang dipompa ke seluruh tubuh meningkatkan kemampuan tubuh dalam

Baca Juga :   Ini Nih 2 Gejala Virus Covid-19 Mematikan Ditemukan Di Bagian Hidung, Apa Aja?

menggunakanoksigen menurunkan detak jantung memperbaiki tekanan darah dan pernapasan meningkatkan sirkulasi. “Penelitian juga menunjukan berenang bagus untuk jantung, bahkan jika Anda saat ini dalam rehabilitasi jantung setelah mengalami gangguan seperti serangan atau gagal jantung,” ucap Van Iterson. Gerakan dalam berenang juga tidak menyulitkan persendian sehingga menjadi olahraga ideal bagi mereka yang mengalami radang sendi. “Berenang dapat ditoleransi dengan baik oleh orang-orang yang sedang dalam pemulihan dari gagal jantung atau penyakit arteri koroner,” tambah Van Iterson.

sumber :health.kompas.com
editor : realita indo

Bagikan :
error: Content is protected !!