13 Juni 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Ini Harapan Bupati Indramayu Untuk Ekskavasi Candi di Blok Dingkel

realitaindonesia.com – Proses ekskavasi bangunan yang diduga candi di Blok Dingkel, Desa Sambimaya, Kabupaten Indramayu mendapat kunjungan dari Bupati Indramayu Nina Agustina, pada Senin (7/6) lalu.

Dilansir dari Liputan6, pada kunjungannya itu Nina turut menyampaikan sejumlah harapan. Termasuk agar ekskavasi segera selesai dengan baik dan Situs Dingkel pun bisa terungkap secara pasti.

Ia pun menargetkan agar proses penggalian oleh kalangan Arkeolog bisa selesai dalam hitungan dua belas bulan. Sehingga masyarakat Indramayu bisa mengetahui peradaban di masa lampau di wilayah tersebut.

Bisa Menjadi Destinasi Budaya dan Edukasi

Selain berharap agar bisa terlaksana secara maksimal, Bupati Indramayu Nina Agustina juga mengatakan jika situs tersebut sudah terungkap bisa menjadi salah satu alternatif destinasi budaya dan edukasi.

Baca Juga :   Yogyakarta Sudah Tindak 4.144 Pelanggar Protokol Kesehatan, Turis Jangan Melanggar Aturan

Menurutnya dirasa menarik, saat masyarakat bisa mengetahui secara pasti kehidupan peradaban masa lampau di wilayah tersebut.

“Sangat menarik ini dan agar dapat segera terungkap sejarah peradaban kuno di Sambimaya,” kata Nina, Senin saat berada di lokasi.

Langkah Strategis yang Dilakukan

Terkait hal tersebut, Kepala Balai Arkeologi Jawa Barat (Balar) Deni Sutrisna menjelaskan, perlu adanya bentuk kolaborasi yang dilakukan bersama Pemkab agar bisa bersama-sama mewujudkan kawasan situs Dingkel Sambimaya sebagai cagar budaya.

Beberapa tim yang diproyeksi untuk kolaborasi tersebut di antaranya Balar Jawa Barat, BPCB Banten, dan TACB Indramayu terkait Situs Sambimaya.

“Pembebasan lahan di sekitar situs merupakan prioritas utama dan harus segera dilakukan oleh pemerintah setempat agar peninggalan yang masih tertimbun dapat segera terungkap melalui kegiatan arkeologis,” ujar Deni.

Baca Juga :   Erick Thohir Jadi Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah, Rencana Apa Aja Yang Akan Diupayakan??

Temuan 2 Struktur Bangunan Besar Masih Terus Diungkap

Adapun proses penggalian yang sudah dilakukan sejak 24 Mei hingga 9 Juni 2021 kemarin berhasil menemukan dua buah struktur bangunan berukuran besar berikut anak tangganya.

Tim Balai Arkeologi juga mendapati temuan menarik lainnya, yakni fragmen keramik asing yang diperkirakan berasal dari masa dinasti Ming, dan pecahan gerabah lokal bercorak gores.

Selain itu ada pula fragmen tulang bovidae, dari jenis hewan sapi atau kerbau di masa lampau.

“Mudah-mudahan bisa selesai sesuai target waktu yang diinginkan bupati,” ujarnya.

Ditemukan Pertama Kali di Tahun 2019

Seperti diberitakan Merdeka.com Jabar sebelumnya, situs Dingkel yang berada di Blok Dingkel, Desa Sambimaya, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu Jawa Barat tersebut pertama kali ditemukan pada tahun 2019 lalu.

Baca Juga :   Polisi : Membantah Untuk Bekingi Mafia Tanah Di Sengketa Lahan Kembangan Raya

Saat itu Brigpol Rusmanto, dari Polsek Lelea, Polres Indramayu mengaku kaget dengan adanya tumpukan bata berukuran besar, serta struktur bangunan yang menyerupai candi dan tertutup tanah.

Kemudian pihaknya berupaya menyampaikan temuannya ke komunitas yang fokus merawat cagar budaya hingga ditindaklanjuti sampai saat ini.

Artikel ini sebelumnya tayang di :
https://www.merdeka.com/jabar/ekskavasi-candi-di-indramayu-masih-berjalan-ini-
harapan-bupati-nina-agustina.html?page=5

Bagikan :
error: Content is protected !!