Ini 7 Penyakit yang Ditandai dengan Batuk Kering

Realita Indonesia – Batuk kering bisa menjadi cara alami tubuh untuk membersihkan mikroba, iritan, atau kotoran yang ada di tenggorokan. Di sisi lain, batuk kering juga bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan serius pada tubuh kita.

Itu sebabnya, kita harus lebih peka terhadap kondisi tubuh untuk menghindari gangguan kesehatan kronis yang berpotensi terjadi.  Berikut berbagai gangguan kesehatan yang disertai dengan batuk kering:

 1. Covid-19 

Covid-19 merupakan penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus voronna atau SARS-CoV-2. Selain batuk kering, penyakit yang sedang menjadi pandemi ini juga disertai berbagai gejala seperti demam, kelelahan, hidung tersumbat, diare, hidung tersumbat, atau pilek. Gejala Covid-19 juga bisa disertai dengan nyeri dada dan kesulitas bernapas. Tanpa pengobatan yang cepat dan tepat, penyakit ini bisa berakibat fatal bagi banyak orang.

Baca Juga :   Usai 3 Bank Syariah BUMN Dilebur, Erick Thohir Jamin Tidak Ada PHK

2. Asma

Asma terjadi karena peradangan dan penyempitan saluran udara di paru-paru. Salah satu gejala asma yang paling umum adalah batuk kering, yang seringkali memburuk pada malam hari atau pagi hari saat seseorang pertama kali bangun. Gejala lain yang bisa dialami penderita asma bisa berupa sesak napas dan nyeri dada.

3. Fibrosis

paru idiopatik Fibrosis paru idiopatik adalah suatu kondisi di mana jaringan parut berkembang di dalam paru-paru. Kondisi ini bisa membuat penderitanya sulit bernapas dan mengalami berbagai gejala berikut: kehilangan nafsu makan penurunan berat badan secara bertahap kelelahan.

4. Penyakit refluks

gastroesofagus Penyakit gastroesophageal reflux (GERD) adalah suatu kondisi dimana asam lambung bocor hingga kembali ke kerongkongan. GERD juga bisa menyebabkan batuk kering kronis sebagian besar orang. Gejala lain yang bisa dirasakan penderita GERD antaea lain: maag mual muntah sulit menelan bau mulut.

Baca Juga :   Hari Ini, 16 Juta Dosis Vaksin Sinovac Masuk Indonesia

5. Postnasal

drip Postnasal drip terjadi ketika lendir dari hidung dan sinus menetes ke bagian belakang tenggorokan. Lendir yang menetes ke tenggorokan ini bisa memicu batuk, termasuk batuk kering. Gejala lain dari postnasal drip antara lain: pilek sakit tenggorokan susah menelan.

6. Infeksi saluran pernapasan

atas Infeksi saluran pernapasan atas, seperti pilek dan flu, dapat menyebabkan batuk akut. Meski batuk yang terjadi seringkali berlendir, penderita infeksi saluran pernapasan atas juga bisa mengalami batuk kering ketika mulai pulih dari infeksi. Gejala lain dari infeksi saluran pernapasan bagian atas antara lain: demam nyeri otot pilek sakit tenggorokan.

7. Kanker paru-paru

Batuk kering juga bisa menjadi pertanda gejala kanker paru-paru. Selain batuk kering, kanker paru-paru juga bisa disertai gejala berikut: batuk darah atau dahak yang mengandung darah nyeri dada penurunan berat badan sesak napas kelelahan lemas.

Baca Juga :   Jalan KA di Grobogan Sempat Ditutup Karena Bantalan Rel Tergerus Banjir

Editor : Realita Indonesia

Sumber : kompas.com

Bagikan :
error: Content is protected !!