12 Juni 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Ini 5 Makanan Tinggi Vitamin B, Bermanfaat Banget Buat Kesehatan Tubuh!

makanan tinggi vitamin b

Realita Indonesia – Salah satu cara terbaik untuk membangun ketahanan terhadap infeksi virus corona baru dan serangan virus lainnya adalah mengonsumsi makanan padat nutrisi yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan, garis pertahanan pertama tubuh terhadap virus dan penyakit.

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya vitamin tertentu seperti vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin B dan vitamin E dapat membantu sistem kekebalan melawan infeksi.

Pada dasarnya, vitamin B kompleks terdiri dari delapan vitamin berbeda, yang penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan. Vitamin B tersebut di antaranya adalah thiamin (B1), riboflavin (B2), niacin (B3), asam pantotenat (B5), piridoksin (B6), biotin (B7), asam folat atau folat (B9) dan cobalamin (B12). Sedangkan manfaat vitamin B kompleks antara lain dapat membantu memperkuat sistem kekebalan sehingga mencegah atau mengurangi risiko infeksi, membantu mendukung pertumbuhan sel darah merah.

Baca Juga :   Gudang Garam Sudah Pakai Belanja Modal Rp 2,5 Triliun Untuk Bangun Bandara Kediri

Sebagaimana dilansir Times Now News, Selasa (1/9), vitamin B kompleks juga dapat mempromosikan saraf yang tepat dan fungsi otak yang sehat, meningkatkan tingkat energi, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, baik untuk pencernaan, mendukung tonus otot hingga mendukung produksi hormon dan kolesterol. Vitamin B sangat penting bagi wanita hamil dan menyusui karena membantu perkembangan otak faetal serta menurunkan risiko cacat lahir. Vitamin ini juga dapat membantu meningkatkan kadar testosteron pada pria.

Sedangkan, kekurangan vitamin B kompleks dapat meningkatkan risiko lebih tinggi terkena kondisi tertentu seperti anemia, infeksi, masalah pencernaan, neuropati perifer, masalah kulit dan lainnya. Vitamin B dapat ditemukan di sejumlah makanan. Berikut beberapa makanan yang tinggi vitamin B.

Baca Juga :   'Ada Pejabat Tinggi Pertamina Dipecat Jokowi Langsung, Alasannya TKDN' Kata Luhut Padjaitan

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, lobak hijau, collard dan selada romaine, adalah salah satu sumber folat tertinggi. Anda bisa memakannya mentah atau mengukusnya sebentar untuk mempertahankan nutrisi paling banyak.

2. Telur

Telur adalah salah satu sumber biotin terbaik yang memainkan peran penting dalam kesehatan rambut, kulit dan kuku. Satu telur besar dapat membantu Anda mendapatkan 33% dari asupan harian yang direkomendasikan (RDI) untuk biotin yang didistribusikan kuning dan putihnya.

3. Kacang-kacangan

Selain tinggi asam folat, kacang-kacangan juga menyediakan sejumlah kecil vitamin B lain seperti tiamin, riboflavin, asam pantotenat dan piridoksin. Folat mengurangi risiko cacat lahir.

4. Kenari

Baca Juga :   Peringati Hari Perawat : Perjuangan Di Garda Terdepan Hingga Titik Penghabisan

Kenari kaya akan beberapa vitamin, mineral dan antioksidan seperti tembaga, fosfor, folat, piridoksin, mangan, vitamin E dan lainnya.

5. Salmon

Salmon sarat dengan asam lemak omega-3 dan beberapa vitamin B, termasuk riboflavin, niacin, B6 dan B12. Apalagi ikan bergizi ini tinggi protein tapi rendah merkuri.

Editor : Realita Indonesia
Sumber : health.sindonews.com
Bagikan :
error: Content is protected !!