24 Juli 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Ingin Kualitas Negeri dan Swasta Setara, Eri Cahyadi Fokus Tingkatkan SDM

Realita Indonesia – Di masa kepemimpinannya nanti, sekolah-sekolah akan menjadi prioritas. Calon wali kota Surabaya Eri Cahyadi tak ingin pilih kasih antara negeri dan swasta karena semua siswanya adalah anak-anak Kota Surabaya.

Eri Cahyadi memiliki komitmen kuat untuk membangun sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan. Karenanya, ia tak ingin ketimpangan antara sekolah negeri dan swasta di Kota Surabaya semakin lebar.

Fokus Bangun SDM, Eri Cahyadi Ingin Kualitas Negeri dan Swasta Setara

“Bagaimanapun, anak-anak kita yang sedang bersekolah saat ini adalah masa depan Surabaya. Maka pemisahan antara negeri dan swasta hanya akan mengakibatkan ketimpangan kualitas SDM Surabaya di masa depan. Maka kita antisipasi jangan sampai itu terjadi,” kata Eri, Jumat (16/10/2020).

Tak hanya memperhatikan sekolah, kualitas guru juga harus ditingkatkan. Eri mengatakan, saat masih menjabat kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, dirinya sudah merintis pemberian tunjangan untuk guru-guru swasta yang belum menerima tunjangan profesi dari pemerintah pusat.

Baca Juga :   Mau Gemuk Atau Kurus, Air Minum Mempengaruhi Berat Badanmu Lho!

“Kualitas guru juga harus disamakan antara negeri dan swasta, ada sertifikasi. Kalau kualitas guru naik, pasti tunjangan meningkat,” kata Eri.

Mekanismenya kata Eri, dengan menambah Bopda alias Bantuan Operasional Pendidikan Daerah. Dengan penambahan Bopda, Pemkot Surabaya akan mampu mensubsidi sekolah swasta. Tak hanya pada SDM tapi juga pada fasilitas belajar mengajar.

“Jadi misalnya ada butuh bantuan komputer, lab, biar sekolahnya semakin berkualitas, sekolah swasta per area bisa kumpul, menentukan sekolah mana yang diprioritaskan mendapat bantuan terlebih dulu. Nantinya pasti akan merata. Jangan sampai sekolah negeri punya komputer, yang swasta tidak. Swasta tak boleh dianaktirikan, harus imbang,” ucap Eri.

Editor : Realita Indonesia
Sumber : sindonews.com
Bagikan :
error: Content is protected !!