‘Indonesia Berpotensi Dapat 108 Juta Vaksin Covid-19 Gratis dari Gavi’ Ungkap Menkes

Realita Indonesia – Indonesia secara resmi menandatangani formulir vaksin bagian B Gavi Covax Facility. Penandatanganan ini akan melengkapi konfirmasi keikutsertaan Indonesia dalam skema Covax Facility tersebut untuk mendapatkan vaksin Covid-19 secara gratis.

Sebelumnya, formulir bagian A yang berisi hal-hal teknis terkait dengan informasi umum, rencana target vaksinasi, cost sharing, karakter vaksin, peraturan safety dan preparedness serta kapasitas dan logistik rantai dingin telah lebih dahulu ditandatangani oleh Menteri Kesehatan sebelumnya Terawan Agus Putranto pada 7 Desember 2020 lalu. Proses pengisian formulir vaksin bagian B ini telah melibatkan Kementerian/Lembaga terkait untuk memastikan kesesuaian dan melakukan review untuk mendapatkan uji kelayakan Indonesia guna mendapatkan vaksin dengan subsidi penuh hingga 20%.

Baca Juga :   Sejumlah cuti bersama hingga pengganti Idul Fitri diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikurangi

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menegaskan dengan penandatanganan ini maka Indonesia berpotensi memperoleh 108 juta dosis vaksin secara gratis. “Penandatanganan form B dari Covax Facility ini penting untuk Indonesia bisa memperoleh akses atas maksimal 108 juta dosis vaksin gratis dari Gavi,” ungkapnya dalam Penandatanganan Formulir Vaksin Gavi Covax Facility secara virtual, Kamis (7/1/2021).

Selain itu, Budi Gunadi juga mengungkapkan vaksin Covid-19 yang sudah diperoleh Indonesia. “Kita sudah memiliki komitmen yang pasti 125 juta dosis dari Sinovac, 50 juta dosis dari Astrazeneca, 50 juta dosis dari Novavax. Sehingga ada total 225 juta dosis yang pasti,” ucapnya.

Bagikan :
error: Content is protected !!