12 Juni 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

HEADLINE : Pendiri Freeport Wafat, Boeing Respons Sriwijaya Air Jatuh

Realita Indonesia – Berita terpopuler ekonomi dan bisnis sepanjang hari Ahad, 10 Januari 2021, dimulai dari pernyataan resmi Boeing menanggapi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182.

Selain itu ada berita tentang pelaporan BMKG soal cuaca ketika pesawat Sriwijaya Air cuaca kepada KNKT dan nilai santunan yang disiapkan Jasa Raharja untuk keluarga korban kecelakaan pesawat.

Berikutnya ada berita tentang Co-founder Freeport McMoRan Inc. James ‘Jim Bob’ Moffett dilaporkan meninggal dunia pada usia yang ke-82 tahun karena komplikasi Covid-19. Lalu ada berita tentang Menteri Pariwisata Sandiaga Uno dan Wakil Menteri Angela Tanoesoedibjo bertemu dengan dua petinggi Traveloka.

Kelima topik tersebut paling banyak menyedot perhatian pembaca di kanal Bisnis Tempo.co. Berikut selengkapnya lima berita bisnis yang trending tersebut:

1. Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Jatuh, Ini Pernyataan Resmi Boeing

Produsen manufaktur pesawat asal Amerika Serikat, Boeing, memberikan tanggapan atas jatuhnya pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ-182. Pesawat ini pesawat produksi dari Boeing dengan seri 737-500.

Boeing menyatakan bahwa mereka telah mengetahui kejadian ini dari pemberitaan sejumlah media. “Kami sedang berkomunikasi dengan maskapai pelanggan kami dan bersiap untuk mendukung mereka dalam masa sulit ini,” demikian pernyataan resmi Boeing di laman resmi mereka pada Sabtu, 9 Januari 2021.

Baca Juga :   PPKM Mikro Terbaru : Kegiatan Mulai Boleh Diperbolehkan, Termasuk Juga Belajar Tatap Muka

Maskapai Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJY182 diduga hilang kontak saat mengudara di atas perairan Kepulauan Seribu, pada Sabtu, 9 Januari 2021. Maskapai swasta ini lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Pontianak.

Baca selengkapnya mengenai Boeing di sini.

2. BMKG Laporkan Data Cuaca saat Sriwijaya Air SJ182 Jatuh

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merekam data cuaca pada saat kejadian jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182. Data tersebut kini telah dilaporkan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Amos menjelaskan santunan untuk keluarga korban kecelakaan alat transportasi umum didasarkan pada Peraturan Kementerian Keuangan No. 15/PMK.010/2017. Beleid itu mengatur tentang Besar Santunan dan Iuran Wajib Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Penumpang Umum di Darat, Sungai/Danau, Feri/Penyeberangan, Laut, dan Udara bahwa korban kecelakaan alat angkutan umum.

Baca selengkapnya mengenai Jasa Raharja di sini.

4. Pendiri Freeport McMoran Jim Bob Moffett Meninggal karena Komplikasi Covid-19

Co-founder Freeport McMoRan Inc. James ‘Jim Bob’ Moffett dilaporkan meninggal dunia pada usia yang ke-82 tahun. Kabar ini diberitakan oleh Nola.com, sebuah media lokal di New Orleans, Lousiana, Amerika Serikat.

Baca Juga :   Tiga Orang Tewas Akibat Kebakaran Lapak Rongsokan di Bekasi

“Meninggal karena komplikasi Covid-19 pada Jumat di Austin, Texas,” demikian tertulis dalam pemberitaan ini berdasarkan informasi dari putra Moffett.

Dikutip dari laman resmi Freeport McMoRan, Moffett dan dua rekannya, Ken McWilliams dan Mack Rankin pertama kali mendirikan McMoRan Oil & Gas Co. pada 1969. Perusahaan ini kemudian bertransformasi menjadi salah satu perusahaan minyak dan gas terkemuka di Amerika Serikat.

Baca selengkapnya mengenai Freeport di sini.

5. Sandiaga Uno dan Angela Tanoesoedibjo Bertemu dengan Bos Traveloka, Bahas Apa?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bertemu dengan dua petinggi perusahaan e-commerce pemesanan tiket Traveloka, Co-Founder Albert dan Presiden Caesar Indra. Ditemani Wakil Menteri Angela Tanoesoedibjo, mereka membahas soal kerja sama untuk penegakan protokol kesehatan Covid-19.

“Hari ini kami ngobrolin tentang bagaimana mensosialisasikan protokol kesehatan yang sangat ketat dan disiplin di tiap-tiap destinasi pariwisata,” kata Sandi dalam akun instagramnya @sandiuno di Jakarta, Ahad, 10 Januari 2021.

Baca Juga :   Berkat UU Ciptaker Diteken Pak Jokowi, Pengusaha Sebut Iklim Usaha Makin Kondusif

Saat ini, kata Sandi, angka penyebaran Covid-19 masih sangat tinggi. Tapi di sisi lain, tingkat kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan menurun. “Ini yang harus sama-sama kita ubah,” kata dia.

Baca selengkapnya mengenai Sandiaga Uno di sini.

Tapi, BMKG belum bersedia mengungkapkan laporan tersebut. “Silahkan ke KNKT, satu pintu di sana,” kata Kepala Humas BMKG Akhmad Taufan Maulana saat dihubungi di Jakarta, Minggu, 10 Januari 2021.

Sebelumnya, pesawat Boeing 737-500 milik Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ-182 jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta pada Sabtu siang, 9 Januari 2021. Maskapai swasta ini lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, menuju Pontianak, Kalimantan Barat.

Baca selengkapnya mengenai Sriwijaya Air SJ182 di sini.

3. Jasa Raharja Siapkan Santunan Bagi Korban Kecelakaan Sriwijaya Air, Ini Nilainya

Direktur Operasional Jasa Raharja Amos Sampetoding mengatakan perseroan akan memberikan santunan kepada keluarga korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182.

“Santunan akan diselesaikan setelah ada pernyataan resmi dari Instansi berwenang tentang status para penumpang tersebut,” kata Amos dalam keterangan tertulis, Ahad, 10 Januari 2021.

Editor : Realita Indonesia

Sumber : Tempo.co

Bagikan :
error: Content is protected !!