Headline News : Guru Nggak Lagi PNS, Dan ASN Bakal Kantongi Minimal Rp 9 Juta

Realita Indonesia – Berita trending ekonomi dan bisnis sepanjang Selasa, 29 Desember 2020, dimulai dari pemerintah kaji kenaikan tunjangan kinerja sehingga ASN minimal berpenghasilan Rp 9 juta, kabar Muhammadiyah tarik dana dari BRI Syariah dan perubahan skema gaji PNS masih digodok.

Selain itu ada juga soal 7 jejak kasus banpres produktif di Bolaang Mongondow Timur dan Guru tak lagi masuk dalam kategori PNS, melainkan PPPK. Berikut kelima berita trending pada hari kemarin:

1. Menpan Kaji Kenaikan Tunjangan Kinerja, ASN Minimal Akan Kantongi Rp 9 Juta

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan kementeriannya tengah mengkaji kenaikan tunjangan kinerja bagi Aparatur Sipil Negara atau ASN.

“InsyaaAllah harusnya tahun ini, tapi karena ada pandemi Covid-19, tunjangan kinerja ASN juga ingin kami tingkatkan maksimum. Jadi pegawai paling rendah ASN itu bisa Rp 9-10 juta,” ujar Tjahjo dinukil dari video di akun Youtube Kemenag RI, Senin, 28 Desember 2020.

Tjahjo mengatakan perkara gaji ASN telah menjadi pembicaraan bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Menurut Tjahjo, gaji pokok ASN tidak mungkin naik lantaran menyangkut besaran pensiun.

2. Benarkah Muhammadiyah Akan Tarik Dana dari BRI Syariah untuk Bikin Bank Syariah?

Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah Agung Danarto menanggapi kabar adanya survei yang dibuat terkait dengan penarikan dana dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk. untuk pendirian Bank Syariah Muhammadiyah.

Agung memastikan bahwa PP Muhammadiyah tidak mengadakan dan tidak menugaskan majelis, lembaga, atau individu manapun untuk mengadakan survei pendirian Bank Syariah Muhammadiyah. 

“PP muhammadiyah tidak ada mengadakan survei terkait dengan pendirian Bank Syariah Muhammadiyah,” kata Agung seperti dikutip dari postingan di akun Instagram @tvmuhammadiyah, Senin, 28 Desember 2020.

3. Perubahan Skema Gaji PNS Masih Digodok, BKN: Tak Diterapkan Dalam Waktu Dekat

Pelaksana Tugas Kepala Biro Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara atau BKN Paryono menyebutkan pihaknya masih menggodok rumusan kebijakan mengenai skema perhitungan gaji pegawai negeri sipil (gaji PNS). 

Ia menjelaskan, aturan yang akan dituangkan dalam bentuk peraturan pemerintah (PP) itu masih dalam tahap perumusan. Oleh karena itu skema baru untuk gaji PNS belum akan diterapkan dalam waktu dekat.

Selain itu, menurut Paryono, dibutuhkan proses yang masih jauh untuk sampai ke tahap penyusunan PP karena masih diperlukan koordinasi antara BKN dengan beberapa kementerian dan lembaga terkait.

4. 7 Jejak Kasus Banpres Produktif di Bolaang Mongondow Timur yang Ditelisik OJK

Kasus dugaan penyalahgunaan Bantuan Presiden Produktif atau Banpres Produktif Rp 2,4 juta dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi belum sepenuhnya selesai. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah mendalami kasus yang sebelumnya diungkap oleh Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sehan Salim Landjar tersebut.

“Kami akan melakukan pendalaman lebih lanjut terhadap beberapa hal yang disampaikan bupati,” kata Kepala OJK Provinsi Sulawesi Utara Darwisman dalam konferensi pers virtual pada Senin, 28 Desember 2020.

5. Mulai Tahun Depan, Guru Tak Masuk Kategori PNS Tapi PPPK

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menegaskan bahwa guru tak akan lagi dimasukkan dalam kategori Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai tahun depan dan dialihkan menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan, atas keputusan Menteri PANRB, Mendikbud, dan BKN, disepakati untuk guru akan beralih menjadi PPPK.

“Jadi bukan CPNS lagi, ke depan mungkin guru tidak dengan status CPNS tapi sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja,” kata Bima pada konferensi pers, Selasa 29 Desember 2020.

Alasannya, kalau menjadi CPNS setelah bekerja 4-5 tahun biasanya CPNS ingin pindah lokasi. Hal itu dinilai akan menghancurkan sistem distribusi guru.

Editor : Realita Indonesia

Baca Juga :   Kemenag : Menetapkan Untuk Awal Syakban Jatuh Pada Tanggal 15 Maret 2021

Sumber : Tempo.co

Bagikan :
error: Content is protected !!