Getaran Terasa Hingga Bandung, Laut Sukabumi Diguncang Gempa 4,9 SR

Realita Indonesia –  Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat diguncang gempa tektonik 4,9 skala richer (SR) pada pukul 09.06 WIB, Selasa, (8/9/2020).

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4.9. Episenter terletak pada koordinat 7.8 LS dan 106.5 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 90 km Barat Daya Kabupaten Sukabumi pada kedalaman 10 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar dasar laut di bagian lempeng Eurasia,” kata Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho.

Menurut dia, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kabupaten Sukabumi dengan Skala Intensitas III MMI. Skala ini dirasakan nyata dalam rumah.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Editor : Realita Indonesia
Sumber : sindonews.com
Bagikan :

Next Post

3 Ribu Mahasiswa Akan Dilatih Menjadi Talent Digital, Bersama Google

Rab Sep 9 , 2020
Realita Indonesia – Tahun depan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan melatih 3.000 mahasiswa untuk menjadi talent digital dengan menggandeng beberapa perusahaan teknologi informasi terkemuka. Dirjen Dikti Kemendikbud Nizam mengatakan, pada tahun depan itu Kemendikbud akan membuka kerja sama dengan Google untuk melatih 3.000 mahasiswa dibidang machine learning. Nizam menjelaskan, […]

Breaking News

error: Content is protected !!