Gempa Berkekuatan 3,5 Magnitudo Guncang Bandung

Realita Indonesia – Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 3.5 mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Gempa terjadi pada Jumat (26/6/2020) pukul 20.34 WIB.

Titik gempa berada di 17 Kilometer Tenggara Kabupaten Bandung dengan kedalaman 5 kilometer . Episenter gempa tektonik terletak pada koordinat 7.25 LS dan 107.73 BT atau tepatnya berlokasi di darat.

Kepala Balai Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BBMKG) Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho mengatakan, lindu yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat.

“Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kamojang Kabupaten Garut dengan Skala Intensitas II – III MMI,” kata Hendro dalam keterangan resminya.

Baca Juga :   Darurat Pendidikan Makin Parah Akibat Pandemi Covid-19

Gempa juga dirasakan di Pacet dan Ciparay, Kabupaten Bandung dengan skala II – III MMI, Tarogong dengan skala III MMI, Samarang dengan skala III MMI, Majalaya dengan skala III MMI, dan Bayongbong dengan skala III MMI.

Namun hingga berita ini ditulis, belum ada laporan mengenai kerusakan akibat dampak gempa bumi tersebut.

Hingga pukul 21.07 WIB lanjut Hendro, berdasarkan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujar Hendro.

Hendro meminta masyarakat untuk memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

Baca Juga :   Aroma monopoli bisnis dari kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo.

Editor : Realita Indonesia
Sumber : liputan6.com

Bagikan :

Next Post

Teater Koma akan Tayang Streaming selama Akhir Pekan

Sab Jun 27 , 2020
Realita Indonesia – Pementasan Tanda Cinta produksi Teater Koma akan ditayangkan streaming pada akhir pekan ini, Sabtu dan Minggu pukul 15.00 WIB. Tayangan ini merupakan hasil rekaman pementasan yang diselenggarakan pada 27-29 Juli 2005 di Gedung Kesenian Jakarta. Kala itu, lakon ini digelar untuk menyambut hari jadi pernikahan Nano Riantiarno […]

Breaking News

error: Content is protected !!