14 Mei 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Door to Door, Pos Indonesia Salurkan BST

Realita Indonesia – Presiden Joko Widodo telah menyetujui penyaluran Bantuan Tunai untuk tahun 2021 sebagai bentuk perhatian pemerintah akibat dampak pandemi Covid-19 yang dirasakan masyarakat. Bantuan itu terdiri dari tiga jenis yakni Program Keluarga Harapan, Program Sembako dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

PT Pos Indonesia ditunjuk sebagai salah satu penyalur untuk BST di 34 provinsi. Nantinya, bantuan ini ada yang diserahkan langsung kepada pemiliknya. Adapun nilai BST yang diberikan yakni Rp 300 ribu untuk 10 juta KPM dengan total anggaran Rp 12 triliun.

“Jadi kami bagi menjadi RT-RT biasanya 1 RT 60 KK. Sehingga petugas akan jalan kaki, door to door dari rumah ke rumah. Kalau di luar DKI¬†Jakarta¬†penyalurannya akan sama dengan tahun 2020, namun komunitasnya kami perkecil sehingga bisa lebih cepat,” ujar Direktur PT Pos Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi.

Baca Juga :   Listyo Sigit : Kita Butuh Bersatu Melawan Covid-19

BST ini akan diberikan selama 4 bulan mulai dari Januari 2021. Rinian nilai yang disiapkan ialah, PKH untuk 10 juta keluarga dengan anggaran Rp 7,17 triliun. Program sembako untuk 18,8 juta keluarga total anggaran Rp 3,76 triliun dan BST senilai Rp 3 triliun, sehingga total anggaran untuk januari sebesar Rp 13,93 triliun.

“Jadi kami menugaskan PT Pos untuk menyalurkan langsung ke keluarga. Dengan cara seperti itu tentu PT Pos dan pasukan akan melakukan langkah proaktif. Tidak dikumpulkan tetapi langsung ke rumah penerimanya,” ujar Dirjen PFM Kemensos Asep Sasa Purnama.

Sumber : merdeka.com

Editor: Realita Indonesia

Bagikan :
error: Content is protected !!