Ditargetkan Vaksin Merah Putih Bisa Diproduksi Masal Di Q4 2021

Realita Indonesia – Vaksin Merah Putih yang dikembangkan oleh Indonesia sudah mencapai 50%. Lembaga Biologi Molekuler Eijkman mengembangkannya dengan menggunakan isolat virus yang beredar di Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Bambang Brodjonegoro, saat memberikan keterangan selepas pertemuan dengan Presiden Joko Widodo.

“Target uji kepada hewan pada akhir tahun ini,” jelas Bambang, di Istana Kepresidenan Bogor, beberapa hari lalu.

Selanjutnya, sekitar awal tahun depan, tim pengembang menargetkan bibit vaksin tersebut sudah dapat diserahkan kepada Bio Farma, untuk dilakukan formulasi dan produksi dalam rangka uji klinis dari tahap satu hingga tiga.

Dengan menggunakan isolat, diharapkan vaksin bisa cocok untuk menjaga daya tahan tubuh warga negara Indonesia terhadap Covid-19.

Baca Juga :   Kendaraan Masuk Kota Bogor berkurang 8.000 Saat Program Ganjil Genap Diberlakukan

“Setelah uji klinis selesai dan BPOM menyatakan bahwa vaksin ini aman untuk digunakan dan cocok untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap Covid-19, maka akan dilakukan produksi dalam jumlah massal oleh PT Bio Farma juga,” papar Bambang.

Pemerintah memperkirakan di triwulan keempat 2021 Indonesia sudah bisa memproduksi dalam jumlah besar, dan nantinya akan melengkapi vaksin Covid-19 yang awalnya akan didatangkan dari kerja sama dengan pihak luar.

Tim pengembangan vaksin Merah Putih nantinya juga akan mengajak beberapa perusahaan farmasi swasta untuk ikut memproduksi vaksin Covid-19.

Pemerintah memerlukan vaksin Covid-19 dalam jumlah besar untuk seluruh masyarakat, sehingga membutuhkan kapasitas produksi yang besar pula yang dapat dipenuhi oleh kerja sama pemerintah dengan perusahaan-perusahaan farmasi swasta.

Baca Juga :   Megaproyek 'Hambalang' Dengan Anggaran Rp 2,5 T SBY Yang Dibangun Kembali Oleh Jokowi

“Karena itulah kami mengajak Bio Farma untuk melakukan ekspansi dan perusahaan-perusahaan swasta lain untuk ikut mendukung,” tandasnya.

Editor : Realita Indonesia

Sumber : sindonews.com

Bagikan :

Next Post

Ternyata Minyak Jojoba Baik Banget Buat Kecantikan, Apa Saja?

Sen Sep 14 , 2020
Realita Indonesia – Jojoba adalah tanaman yang tidak hanya tumbuh subur di iklim yang keras,juga menghasilkan kacang yang memiliki banyak khasiat, termasuk untuk kecantikan. Minyak ini dapat digunakan apa adanya atau bahkan dicampur dengan minyak lainnya untuk manfaat lebih lanjut. Minyak jojoba juga merupakan bagian dari rutinitas perawatan kulit para […]

Breaking News

error: Content is protected !!