12 Juni 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Distribusi Vaksin Tidak Mudah, Tak Seperti Barang Lain, Ucap Jokowi

Realita Indonesia – Presiden Joko Widodo memprediksi, proses vaksinasi terkait Covid-19 baru bisa dimulai pada akhir 2020 atau awal 2021. Meski diperkirakan tiba pada November atau Desember tahun ini, menurut Jokowi, vaksin tak bisa langsung disuntikkan. Perlu proses distribusi yang membutuhkan waktu tidak sebentar.

“Memang proses persiapannya itu tidak hanya menerima vaksin kemudian langsung disuntikkan. Kita juga harus menyiapkan distribusi ke seluruh Tanah Air,” kata Jokowi saat berkunjung ke Puskesmas Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat, dipantau melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (18/11/2020).

Proses distribusi vaksin tidaklah mudah. Pendistribusian vaksin tak seperti proses distribusi barang-barang lainnya karena harus melalui prosedur tertentu. “Ini yang tidak mudah, mendistribusikan vaksin itu tidak mudah. Ini bukan barang seperti barang-barang yang lain,” ujarnya. Dalam proses distribusi vaksin, diperlukan derajat kedinginan tertentu (cold chain).

Baca Juga :   Menteri Erick : Ciptakan Holding Indonesia Battery Corporation

Hal ini penting untuk mencegah kerusakan vaksin. Selain itu, jika vaksin diproduksi perusahaan yang berbeda, model distribusinya tak sama. “Inilah yang apa terus kita siapkan agar nanti ke daerah-daerah juga segera mendapatkan vaksin dan vaksinnya juga tidak rusak,” kata Jokowi. Menurut Jokowi, vaksin yang nantinya akan dipakai di Indonesia wajib masuk dalam daftar Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

Setibanya di Indonesia, vaksin harus menempuh prosedur otorisasi penggunaan darurat atau emergency use authorization di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) selama kurang lebih 3 minggu. Setelahnya, vaksin dapat didistribusikan dan digunakan secara massal. “Kaidah-kaidah scientific, kaidah-kaidah ilmiah ini juga saya sudah sampaikan wajib diikuti. Kita ingin keselamatan, keamanan masyarakat itu harus betul-betul diberikan tempat yang paling tinggi,” kata Jokowi.

Baca Juga :   Mulai Digelar Untuk Operasi Zebra, Jenis Pelanggaran Apa Saja Yang Akan Ditilang? Yuk Simak!

Sumber : Kompas.com

Editor : Realita Indonesia

Bagikan :
error: Content is protected !!