Direktur RSJ HB Saanin Padang Ernoviana menyebutkan, 62 pasien itu adalah akumulasi dalam beberapa bulan terakhir.

Realita Indonesia – Sebanyak 62 pasien yang dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) HB Saanin Kota Padang terkonfirmasi positif virus Covid-19. Data ini sepanjang Mei hingga Oktober 2020.

Direktur RSJ HB Saanin Padang Ernoviana menyebutkan, 62 pasien itu adalah akumulasi dalam beberapa bulan terakhir.

“Kami catat, ada 62 pasien sejauh ini sepanjang periode Mei hingga Oktober 2020, yang terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Ernoviana di Padang, Kamis (19/11).

Pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah langkah pencegahan guna meminimalisir angka positif Covid-19. Salah satunya dengan menyediakan ruangan khusus bagi pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Tak hanya menyiapkan ruangan khusus, namun pasien juga diajarkan untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Baca Juga :   Pemerintah Abaikan Hak Kesehatan Masyarakat, Gugat Pilkada.

“Kita ajarkan pasien untuk cuci tangan, kemudian mengatur jarak tempat tidur mereka. Ini kita lakukan untuk langkah antisipasi,” jelas Erno.

Sedangkan bagi petugas, pihak RSJ juga mewajibkan untuk penggunaan Alat Pelindung Diri atau APD.

“Penggunaan APD sesuai dengan zona pelayanan, ada merah, kuning dan hijau, tergantung zonanya tersebut. Petugas juga kita berikan masker, Face Shield, mencuci tangan, menjaga jarak, dan pengukuran suhu melalui Thermogun,” kata Erno.

Erno mengakui, pihaknya pernah menutup layanan IGD pada September 2020. Langkah ini diambil karena ada pasien yang terjangkit Covid-19 di rumah sakit.

Hingga saat ini, pasien yang dirawat inap di RSJ HB Saanin mencapai 130 orang. Ratusan pasien itu terdiri dari keluhan berbagai jenis gangguan kejiwaan dengan paling didominasi oleh Skizofrenia Paranoid.

Baca Juga :   Pemindahan Millen Cyrus Ke Sel Tahanan Khusus Untuk Menghindari Hal-Hal Yang Tidak Diinginkan.

Sumber : Merdeka.com

Editor : Realita Indonesia

Bagikan :
error: Content is protected !!