Diduga Terpapar Transmisi Lokal, Anak Bungsu Gubernur Bangka Belitung Positif Covid-19

Ilustrasi tes corona dengan menggunakan metode swab untuk mengetahui seseorang terinfeksi Covid-19. (dok. Kompas)

Realita Indonesia – Sebanyak 98 kasus positif virus corona baru atau Covid-19 tercatat di Kepulauan Bangka Belitung hingga Sabtu (6/6/2020).

Salah satu pasien positif Covid-19 merupakan anak bungsu Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman. Anak bungsu Gubernur Bangka Belitung itu berusia 17 tahun.

“Benar sudah terkonfirmasi positif, swab dilakukan di Labkesda Babel pada 2 Juni,” kata anggota Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Armayani Rusli saat dihubungi Kompas.com, Sabtu.

Armayani mengatakan, tes swab itu dilakukan karena gubernur dan keluarganya hendak bepergian menggunakan pesawat terbang.

Berdasarkan hasil tes swab, anak bungsu Gubernur Erzaldi dinyatakan positif Covid-19. Sementara Gubernur Erzaldi dan keluarga lain negatif Covid-19.

Baca Juga :   Vaksinasi Dimulai Besok Rabu, Yuk Simak Tahapannya!

Karena temuan positif Covid-19 itu, Gubernur Erzaldi dan keluarga membatalkan penerbangan mereka. “Yang dinyatakan positif ini kondisinya sehat. Jadi termasuk orang tanpa gejala,” ujar Armayani.

Armayani menduga anak bungsu Gubernur Erzaldi terinfeksi karena transmisi lokal. Sebab, pasien itu telah lama tinggal di Bangka Belitung. Pasien pun menjalani karantina mandiri di kediaman pribadinya.

Bantah informasi tutupi Covid-19
Armayani membantah menutupi peta sebaran kasus Covid-19 di Bangka Belitung. Pemprov berusaha terbuka kepada masyarakat. “Kami tentu pastikan dulu dan hasilnya dilaporkan ke Jakarta. Bukan ditutup-tutupi, tapi ada proses yang harus kami jalani dulu,” ujar dia.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, Armayani mengimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Baca Juga :   Muncul Buaya di Genangan Belakang Rumah Makassar

Masyarakat harus disiplin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker, dan menjaga jarak saat keluar rumah .

“Sebab siapa saja bisa kena (Covid-19),” kata dia. Sebanyak 98 kasus positif Covid-19 tercatat di Provinsi Bangka Belitung hingga Sabtu (6/6/2020). Rinciannya, 34 pasien sembuh dan satu meninggal.

Editor : Realita Indonesia
Sumber : kompas.com

Bagikan :
error: Content is protected !!