16 Mei 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Di Masa Pandemi Covid-19 Ini, Arab Saudi Buka Ibadah Umrah Pertama

Realita Indonesia – Umat Muslim mengitari kabah saat melaksanakan Umrah dengan menjaga jarak sosial untuk pertama kalinya di masa pandemi Covid-19 di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Minggu (04/10/2020). Setelah lebih dari enam bulan ditutup, Arab Saudi kembali memperbolehkan ibadah Umrah dengan membatasi jumlah jamaah hanya 30 persen dari kapasitas maksimal atau sekitar 6000 jamaah Umrah per hari.

Saat ini Ibadan Umrah hanya untuk jamaah domestik selama sebulan setelah itu baru dibuka untuk jamaah dari luar negeri.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi tidak hanya menerapkan pembatasan, namun juga pencegahan. Rombongan Umrah tidak akan dipusatkan di satu titik, tetapi di pecah menjadi lima titik dengan menempatkan petugas medis di setiap titik.

Baca Juga :   Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 12 Akan Dibuka! Yuk Simak Cara Pendaftarannya

Pintu masuk Masjidil Haram dipasang kamera pendeteksi suhu tubuh yang akan memindai suhu masing-masing jemaah. Jika ada suhunya tinggi atau diduga tertular Covid-19, bel peringatan langsung dibunyikan. Dan di dalam lokasi ibadah akan dilakukan pembersihan 10 kali sehari termasuk pembersihan pendingin udara.
Setidaknya 1000 petugas telah dilatih dan dikerahkan untuk memastikan semua langkah pencegahan dan pembatasan sosial ditaati jamaah Umrah.

Editor : Realita Indonesia

Sumber : sindonews.com

Bagikan :
error: Content is protected !!