Di Marunda Sejumlah Calon ABK Sempat Diancam dan Diusir Perusahaan

Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani menjelaskan kepada salah seorang calon anak buah kapal (ABK) di lokasi penampungan, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis, 27 Agustus 2020. (foto Dok.Tempo.co )

Realita Indonesia – Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani menjelaskan awal penggerebekan tempat penampungan calon ABK di Marunda.

Menurut Benny, para calon anak buah kapal (ABK) itu sempat bertemu manajemen sebelum diusir dari tempat penampungannya di Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.

“Karena tidak mendapatkan kepastian, Senin mereka berinisiatif datang ke kantor perusahaan di Sunter,” kata dia.

Berdasarkan keterangan para calon ABK itu, perusahaan tidak memberikan jawaban dan kepastian pemberangkatan hingga pengancaman oleh perusahaan.

“Jika mau lanjut mengikuti aturan perusahaan, silakan bertahan. Kalo tidak, silakan keluar,” kata Benny mengutip keterangan para calon ABK tersebut.

Usai pertemuan, para calon ABK itu malah diusir tanpa penjelasan dari tempat penampungan mereka di kawasan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.

Baca Juga :   Terjadi Bencana Gempa Bumi Ringan 3 SR Di Kabupaten Bandung, Tak Ada Laporan Kerusakan

Baca juga: Penggerebekan di Marunda, Belasan Calon ABK Diselamatkan dari Penampungan

Mendapatkan informasi pengusiran itu, BP2MI turun tangan menyelamatkan para calon ABK dan membawanya ke tempat penampungan milik BP2MI di kawasan Ciracas, Jakarta Timur.

“Kami selamatkan mereka atas nama negara ke Ciracas, tempat penampungan milik kantor BP2MI. Kami amankan atas nama negara dan proses hukum kita akan tetap jalan,” tegas Benny.

BP2MI menyelamatkan 18 calon ABK yang diusir dari tempat penampungan perusahaan berinisial PT AMI.

Perusahaan merekrut calon ABK berusia 18-33 tahun dengan iming-iming diberangkatkan melaut ke luar negeri. Namun, para calon ABK itu telah berbulan-bulan berada di tempat penampungan dan tidak mendapat kejelasan dari pihak perusahaan.

Baca Juga :   Kota Bekasi Kerjasama dengan Indomaret Untuk Kembangkan Produk UMKM

Editor : Realita Indonesia
Sumber : tempo.co

Bagikan :
error: Content is protected !!