12 Juni 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Daun Binahong Adalah Tanaman Penuh Khasiat yang Mudah Diolah

Realita Indonesia – Daun binahong adalah tanaman merambat penuh khasiat yang mudah diolah. Bisa langsung diminum walau hanya direbus saja. Terdapat beragam cara mengolah binahong mulai dari seduh, blender, sampai tumis. “Bisa dimasak, ditumis seperti sayuran lain juga bisa. Hanya diseduh atau direbus kemudian langsung diminum juga bisa,” jelas Prof. Dr. Ir. Ervizal A.M. Zuhud (AMZU), MS. Selaku Kepala Divisi Bioprospeksi dan Konservasi Tumbuhan Tropika Institut Pertanian Bogor, Senin (4/1/2021).

Khasiat Daun Binahong

Daun binahong berguna untuk mengatasi berbagai penyakit. Khasiat daun binahong antara lain mengobati maag, mengatasi masalah kulit, asam urat, dan kolesterol, serta mencegah diabetes dan mengobati sesak napas. Kemudian daun binahong berguna untuk membersihkan paru-paru dari kotoran dan racun. Kandungan senyawa dalam binahong dapat membantu mendetoksifikasi kotoran dan racun dari paru-paru.
Cara mengolah daun binahong Rasa dan tekstur binahong seperti kangkung, bayam, maupun sayuran sejenis lainnya. Cara menikmati daun binahong tak rumit. Ervizal menjelaskan bahwa mengolah daun binahong hanya perlu memblendernya kemudian campur dengan buah untuk dijadikan jus. Daun binahong dapat dicampur dengan berbagai jenis ginger (Zingiberaceae) dan direbus. Bisa juga menyeduh daun binahong yang sudah dikeringkan.
Daun binahong juga bisa disajikan dengan cara ditumis. Bumbu untuk menumis sajian ini cukup sederhana seperti menggunakan bawang putih geprek dan bumbu dapur lainnya.

Dosis Umum Minum Binahong

Pengolahan daun binahong untuk pengobatan ada dosis umum yang disarankan.
Berikut cara merebus daun binahong:
1. Ambil 9-11 lembar daun (tidak muda juga tidak terlalu tua), cuci bersih.
2. Rebus dengan 2 gelas air hingga menjadi satu gelas.
3. Minum 2 kali sehari pagi dan sore atau malam hari.
Sumber: kompas.com
Editor: Realita Indonesia
Bagikan :
Baca Juga :   Pemkot Jakarta Pusat mulai melakukan berbagai persiapan mengantisipasi banjir
error: Content is protected !!