COVID-19: Varian Kappa Ditemukan di Jakarta, Termasuk Varian Mengkhawatirkan

realitaindonesia.com – Varian baru dari virus Sars Cov-2 terus bermunculan seiring dengan karakteristik virus yang terus bermutasi. Di Jakarta, varian Delta masih mendominasi mutasi virus.

Berdasarkan paparan Pemprov DKI saat rapat bersama dengan pemerintah pusat pada Selasa (29/6) lalu, kasus mutasi varian Delta di Jakarta sebanyak 111 kasus. Mutasi lainnya dengan kode Alpha, sebanyak 11 kasus, dan Betha 5 kasus.

“Varian Delta mendominasi sebesar 87 persen dari total temuan kasus varian baru yang telah diidentifikasi di Jakarta,” demikian penjelasan materi pemaparan yang dikutip merdeka.com pada Jumat (2/7).

Kemudian, ada satu varian baru lainnya yang berhasil diidentifikasi oleh Dinas Kesehatan yaitu Kappa. Untuk varian ini, masih 1 kasus. Belum ada pembaruan data lagi oleh Dinas Kesehatan.

Baca Juga :   Tahun Baru Nama Baru, Bio Farma Ubah Nama Kemasan Vaksin Dan Bukan Lagi CoronaVac Jadi??

Dalam materi juga menyebutkan bahwa varian ini berhasil teridentifikasi setelah Dinas Kesehatan melakukan uji sampel terhadap 128 kasus varian baru yang termasuk variant of concern.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah melakukan pemeriksaan total 987 sampel mutasi virus Corona dan dinyatakan 70 sampel merupakan variant of concern.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Dwi Oktavia menuturkan, dari 70 variant of concern, 33 kasus didapat dari riwayat perjalanan dari luar negeri (imported cases).

“19 transmisi lokal varian Delta di DKI Jakarta, 10 transmisi lokal varian Delta di Debotabek yang mana pemeriksaannya dilakukan di Jakarta, dan 8 kasus masih dalam proses verifikasi apakah merupakan varian Delta dari luar negeri atau transmisi lokal,” ucap Dwi, Kamis (24/6).

Baca Juga :   Sopir dan Penumpang Selamat dari Kebakaran Mobil di Sukabumi

Adapun rincian 70 variant of concern tersebut, yakni 12 varian Alpha (B.117), 3 varian Beta (B.1.351), 55 varian Delta (B.1617.2).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan peningkatan varian virus terus terjadi. Untuk itu ia mengingatkan agar warga Jakarta tetap bertahan di rumah.

Riza menambahkan, Pemprov DKI secara aktif terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan terkait segala temuan varian baru.

“Memang ada peningkatan terus tingkatan varian di DKI Jakarta, untuk itu terus kami dibantu oleh Kementerian Kesehatan untuk terus melakukan penelitian terhadap varian dan penyebarannya dan yang paling penting adalah kembali ke masyarakat, untuk tetap berada di rumah karena varian
baru ini cepat sangat menular dan membahayakan, sekalipun juga cepat sembuhnya,” ucap Riza. [ded]

Baca Juga :   Untuk Jadi Standar Penanganan Covid-19 Nasional, GeNose Tunggu Validasi Eksternal

Artikel ini telah tayang di :
https://www.merdeka.com/peristiwa/temuan-kasus-dari-varian-kappa-di-jakarta.html

Bagikan :

Next Post

18 Penumpang KMP Yunice yang Tenggelam di Selat Bali Masih Belum Ditemukan

Jum Jul 2 , 2021
realitaindonesia.com – Tim gabungan dari berbagai institusi masih terus melakukan pencarian korban tenggelam dari KMP Yunice. KMP Yunice tenggelam di Selat Bali dengan dugaan terseret arus saat berada di Pelabuhan Gilimanuk, Selasa, 29 Juni 2021. Di dalam kapal tersebut ada 76 penumpang yang juga turut tenggelam dengan beberapa diantaranya telah […]

Breaking News

error: Content is protected !!