Cara Mencegah dan Atasi Gigi Sensitif Secara Alami

Realita Indonesia, Jakarta Memiliki gigi sensitif bisa membuat makan dan minum terasa sangat menyakitkan. Pemiliki gigi sensitif mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan sebagai respons terhadap pemicu tertentu. Gigi sensitif bisa terasa sakit ketika mengonsumsi makanan dengan suhu ekstrem, makanan yang terlalu manis, terlalu asam, atau menyikat gigi terlalu kuat.

Sensitivitas gigi adalah kondisi yang umum dan dapat diobati. Gigi sensitif disebabkan oleh enamel gigi yang menipis. Ini bisa terjadi karena bawaan lahir, atau kebiasaan tertentu dan kondisi kesehatan lainnya.

Jika gigi sensitif tidak terlalu parah, kondisi ini bisa diatasi dengan obat yang dijual bebas. Selain itu, beberapa bahan alami juga bisa membantu mengatasi ketidaknyamanan. Bahan-bahan alami untuk atasi gigi sensitif ini bisa membantu meredakan nyeri sementara sebelum menemui dokter gigi. Berikut cara alami atasi gigi sensitif :

Kumur air garam

Garam adalah antiseptik yang efektif untuk mulut. Larutan juga dapat membantu mengurangi peradangan. Menggunakan air garam sebagai obat kumur adalah cara lain untuk melawan bakteri di mulut dan meningkatkan kebersihan mulut.

Tambahkan ½ hingga ¾ sendok teh garam ke segelas air hangat dan aduk rata. Kumur dengan larutan ini selama 30 detik lalu muntahkan.

Kumur minyak kelapa

Berkumur dengan minyak atau oil puiling adalah praktik Ayurveda tradisional India, yang melibatkan berkumur minyak mulut selama beberapa menit sebelum meludahkannya. Manfaat potensial oil pulling untuk radang gusi dapat mengurangi sensitivitas gigi.

Baca Juga :   Yuk Kenali Penyakit Musim Hujan Yang Perlu Diwaspadai Oleh Kita, Namanya Hepatitis A

Jenis minyak yang biasa digunakan berkumur adalah minyak kelapa. Oil pulling dengan minyak kelapa memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan mulut. Sifat analgesik dan anti-inflamasi minyak, terutama minyak kelapa murni dapat membantu mengurangi sakit gigi.

Kumur satu sendok makan minyak kelapa di mulut selama 15 hingga 20 menit. Berhati-hatilah untuk tidak menelannya. Keluarkan minyak dan sikat gigi sampai bersih

Madu dan air hangat

Madu adalah agen antibakteri, dan dapat digunakan untuk manajemen luka. Madu dapat membantu mempercepat penyembuhan, dan mengurangi rasa sakit, bengkak, dan peradangan. Untuk mengurangi rasa sakit akibat gigi sensitif, bilas mulut dengan air hangat dan sesendok madu. Bilas ini akan meningkatkan penyembuhan mulut.

Kunyit

Kunyit mengandung senyawa yang disebut kurkumin yang dikenal dengan efek anti-inflamasi. Untuk kesehatan mulut dan untuk mengurangi rasa sakit akibat gigi sensitif, kunyit bisa dioleskan pada gigi. Cara mudahnya adalah dengan membuat pasta oles dari 1 sdt kunyit, ½ sdt garam, dan ½ sdt minyak mustard. Oleskan pasta ini ke gigi dan gusi dua kali sehari untuk menghilangkan rasa sakit.

Teh hijau

Teh hijau adalah produk lain yang dapat digunakan untuk menjaga kesegaran mulut. Teh hijau juga dapat membantu kesehatan mulut. Untuk gigi sensitif, gunakan teh hijau tanpa pemanis sebagai obat kumur dua kali sehari untuk memperkuat gigi dan mengurangi peradangan.

Baca Juga :   Regulasi dan Kondisi Industri Hasil Tembakau Jadi Fokus Di Hari Anti-Tembakau Sedunia

Ekstrak vanili

Ekstrak vanili mengandung sifat antiseptik dan pereda nyeri. Eksktak ini telah digunakan untuk mengobati rasa sakit dan ketidaknyamanan bayi saat mulai tumbuh gigi. Untuk merawat gigi sensitif, tuangkan ekstrak vanili ke bola kapas. Oleskan bola kapas ke gusi selama beberapa menit, dan ulangi prosesnya sesering yang dibutuhkan.

Daun jambu biji

Mengunyah daun jambu biji atau menggunakan gel topikal yang mengandung ekstrak daun jambu biji dapat membantu mengurangi sakit gigi dan sensitivitas. Ekstrak yang kaya akan flavonoid jambu biji berpotensi untuk meredakan sakit gigi karena sifat pereda nyeri, anti-inflamasi, dan antimikroba.

Cuci beberapa lembar daun jambu biji sampai bersih. Kunyah selama 1 hingga 2 menit lalu muntahkan. Lakukan ini 1 hingga 2 kali sehari.

Bawang putih

Salah satu kegunaan bawang putih dalam pengobatan tradisional adalah untuk mengobati sakit gigi. Mengunyah bawang putih sebentar menghasilkan senyawa yang disebut allicin. Senyawa ini memiliki sifat antimikroba dan dapat membantu membunuh bakteri yang dapat menyebabkan penyakit mulut, seperti Streptococcus mutans.

Penumpukan bakteri di sekitar gigi dan gusi dapat menyebabkan kerusakan gigi, yang memperburuk sensitivitas gigi.

Obat kumur berfluoride

Menggunakan produk gigi yang mengandung fluorida dapat mengurangi risiko gigi berlubang dan juga membantu meminimalkan sensitivitas gigi. Obat kumur dan pasta gigi berfluorida direkomendasikan untuk mengobati sensitivitas gigi karena membantu memperkuat enamel dan juga mengurangi sebagian besar sakit gigi.

Baca Juga :   Daun Binahong Adalah Tanaman Penuh Khasiat yang Mudah Diolah

Bilas mulut dengan secangkir kecil obat kumur berfluorida. Kumur-kumur selama 1 hingga 2 menit sebelum meludahkannya. Lakukan ini dua kali sehari.

Penuhi kebutuhan vitamin

Pemilik gigi sensitif harus memastikan dirinya memenuhi kebutuhan vitamin B yang cukup. Kekurangan vitamin B, B12 terutama, dikaitkan dengan karies gigi pada anak-anak. Meskipun ini tidak secara langsung terkait dengan sensitivitas gigi, mengonsumsi vitamin B yang cukup dapat meningkatkan kesehatan mulut.

Vitamin E juga dapat membantu mengobati sakit gigi. Mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin ini bisa sangat membantu. Makanan yang mengandung vitamin B dan E seperti almond, bayam, kale, lobak, ikan, unggas, daging, telur, dan susu.

 

Meskipun pengobatan rumahan dapat meredakan gejala nyeri untuk sementara, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah gigi sensitif bertambah buruk. Cara ini meliputi:

– menjaga kebersihan mulut gigi dan mulut tetap bersih.

– menggunakan sikat yang lebih lembut untuk mencegah iritasi dan lecet.

– membatasi jumlah makanan dan minuman asam.

– memeriksa kesehatan gigi secara teratur.

– menggunakan pelindung mulut di malam hari jika memiliki kebiasaan menggemeretakkan gigi.

Sumber: liputan6.com

Editor: Realita Indonesia

Bagikan :

Next Post

Dua Kecamatan di Solok Selatan Dilanda Banjir

Sel Jan 12 , 2021
Realita Indonesia – Warga menerobos banjir yang melanda Desa Banua Raya di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Senin (11/1/2021). Pagi ini air masih merendam rumah warga di Kampung Tarandam tetapi kondisinya sudah mulai surut. Banjir melanda dua kecamatan di Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat Selasa dini hari akibat hujan […]

Breaking News

error: Content is protected !!