12 Juni 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Buah Ceri yang Kaya Akan Manfaat

Realita Indonesia – Selama ini, buah ceri yang memiliki warna merah merona kerap digunakan untuk mempercantik sajian makanan penutup ataupun minuman.

Tak banyak yang mengetahui manfaat buah ceri yang baik untuk kesehatan Anda. Ceri merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan, anti-inflamasi yang baik, dan berguna dalam pencegahan dan pengobatan asam urat.

Buah ceri juga salah satu dari sedikit buah yang mengandung melatonin, yang dapat membantu mengatasi insomnia.

Perbaiki gejala radang sendi dan asam urat

Karena efek anti-inflamasi yang kuat, buah ceri dapat mengurangi gejala radang sendi dan asam urat, sejenis radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan asam urat yang dapat menyebabkan pembengkakan, dan nyeri yang ekstrem pada persendian Anda.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa ceri membantu menghambat stres oksidatif dan mengurangi peradangan dengan menekan protein inflamasi, yang dapat membantu mengurangi gejala yang berkaitan dengan artritis.

Baca Juga :   Cara Mencegah dan Atasi Gigi Sensitif Secara Alami

Plus, mereka dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda, membuatnya sangat bermanfaat bagi penderita asam urat.

Redakan nyeri otot

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa anti-inflamasi dan antioksidan dalam ceri dapat membantu meredakan nyeri otot akibat olahraga, kerusakan, dan peradangan.

Ceri tart (ceri asam) dan jusnya tampaknya lebih efektif daripada varietas yang manis, meskipun keduanya dapat membantu atlet.

Jus dan konsentrat tart ceri telah ditemukan untuk mempercepat pemulihan otot, mengurangi nyeri otot akibat olahraga, dan mencegah kehilangan kekuatan pada atlet elit, seperti pengendara sepeda dan pelari maraton.

Selain itu, beberapa bukti menunjukkan bahwa produk ceri dapat meningkatkan kinerja olahraga.

Bantu kesehatan jantung

Meningkatkan asupan buah padat nutrisi seperti ceri adalah cara yang baik untuk melindungi jantung Anda.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa diet buah-buahan dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Baca Juga :   Tanpa Obat, Aman dan Cepat, Ini Nih 23 Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Ceri bermanfaat dalam hal ini, karena kaya nutrisi dan senyawa yang dikenal dapat meningkatkan kesehatan jantung, termasuk antioksidan kalium dan polifenol.

Satu cangkir (154 gram) ceri manis yang mengandung 10 persen DV untuk kalium, mineral yang penting untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Terlebih lagi, ceri kaya akan antioksidan polifenol yang kuat, termasuk antosianin, flavonol, dan katekin, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan melindungi dari kerusakan sel dan mengurangi peradangan.

Tingkatkan kualitas tidur

Makan ceri atau minum jus ceri asam dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

Manfaat buah ceri dalam meningkatkan tidur ini mungkin dikaitkan dengan konsentrasi tinggi senyawa tanaman buah. Selain itu, ceri mengandung melatonin, zat yang membantu mengatur siklus tidur-bangun Anda.

Sebuah penelitian pada 20 orang menunjukkan bahwa mereka yang minum konsentrat jus ceri asam selama 7 hari mengalami peningkatan yang signifikan dalam kadar melatonin, durasi tidur, dan kualitas tidur.

Baca Juga :   Jangan Merokok Setelah Cabut Gigi!

Demikian pula, studi 2 minggu pada orang dewasa yang lebih tua dengan insomnia menemukan bahwa minum 1 cangkir (240 ml) jus ceri asam sebelum tidur meningkatkan waktu tidur hingga 84 menit.

Bantu turunkan berat badan

Jika Anda berencana untuk menurunkan berat badan, jangan lupa untuk menambahkan ceri ke dalam menu makanan Anda. Ceri adalah salah satu buah rendah kalori yang berarti bahwa sekitar secangkir ceri akan kurang dari 100 kalori (menurut USDA).

Karena kaya vitamin yang memperkuat metabolisme Anda dan memiliki kandungan air sedang, manfaat buah ceri juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda.

Varietas manis dan asam cocok dengan banyak makanan. Selain itu, produk terkait, seperti ceri kering, bubuk ceri, dan jus ceri, membuat tambahan yang menarik untuk banyak resep.

Sumber: cnnindonesia.com

Editor: Realita Indonesia

Bagikan :
error: Content is protected !!