BMKG Beri Peringatan Dini 5 Kali, Banjir Bandang Sukabumi-Bogor

Realita Indonesia – Banjir bandang secara bersamaan terjadi di wilayah Bogor dan Sukabumi, Senin sore, 21 September 2020. Berdasarkan analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) curah hujan di sekitar Sukabumi dan Bogor terjadi merata dengan intensitas ringan hingga sangat lebat pada sore sampai malam. Akumulasi curah hujan yang cukup tinggi dari hulu dengan durasi lama berpotensi meluapkan air sungai dan memicu banjir bandang di dataran rendah.

Prakirawan Stasiun Klimatologi Bogor Retno Kartika Ningrum lewat keterangan tertulis, Selasa 22 September 2020, menyatakan empat dari lima stasiun penakaran curah hujan di wilayah Bogor dan Sukabumi mencatat hujan tergolong sangat lebat. Curah hujannya berkisar 87,4 hingga 110 milimeter per hari. Curah hujan tertinggi terpantau di Stasiun Citeko di Cisarua selama empat jam dari pukul 15.00 sampai 19.00 WIB.

Baca Juga :   'Banjir yang Salah Air, Saya Bingung' Kata Susi Pudjiastuti

Indikasi cuaca buruk itu terpantau BMKG berdasarkan data suhu permukaan dari pagi hingga siang yang menunjukkan terjadinya pemanasan cukup kuat. Faktor lokal yaitu kelembapan udara basah ikut mendukung proses pertumbuhan awan hujan. “Dengan jenis Cumulus padat dan Cumulonimbus yang menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang,” katanya.

Deputi Kepala BMKG Bidang Meteorologi, Guswanto, mengatakan kalau BMKG telah mengeluarkan informasi peringatan dini cuaca ekstrem skala waktu tiga jam untuk wilayah Jawa Barat sebelum terjadinya banjir bandang tersebut. “Sebanyak lima kali mulai dari jam 13.45 hingga 22.50 WIB,” ujarnya lewat keterangan tertulis, Senin 21 September 2020.

Editor : Realita Indonesia
Sumber : tempo.co
Bagikan :

Next Post

Hanya dengan Segelas Air Jeruk Dicampur Garam, Tubuh Tetap Langsing dan Berstamina

Kam Sep 24 , 2020
Realita Indonesia – Sejumlah cara dilakukan untuk mendapatkan stamina yang kuat. Biasanya cara paling jitu adalah mengonsumsi sejumlah makanan dan minuman untuk memperoleh stamina yang kuat. Meski begitu perlu diperhatikan pula cara agar tubuh tetap langsing meski memperoleh stamina yang besar. Nah ada satu minuman baik yang dapat dikonsumsi untuk […]

Breaking News

error: Content is protected !!