Bisa Foto Instagramable, Ini Nih Ada 4 Wisata Baru Di Sentul

Realita Indonesia – Kabupaten Bogor, khususnya Sentul selalu menghadirkan tempat wisata yang unik dan menarik bagi wisatawan. Sentul juga menghadirkan tempat wisata baru yang tidak akan membuat bosan dan pastinya selalu menawarkan pemandangan indah juga suasana sejuk.

4 tempat wisata baru di Sentul yang mesti dikunjungi :

1. Taman Fathan Hambalang

Taman Fathan Hambalang merupakan tempat wisata yang menawarkan keindahan panorama alam, berupa bentang Gunung Gede, Pangrango, dan Pancar. Tempat wisata ini berada dekat dengan Kantor Desa Hambalang, yang terletak di Citeureup, Bogor.

Pengunjung juga dapat menikmati panorama matahari terbenam yang memesona pada sore hari. Malamnya, gemerlap lampu akan membuat suasana kian romantis. Sembari menikmati pemandangan, pengunjung juga dapat bersantai menikmati secangkir kopi atau mengambil foto-foto yang instagramable.

Fasilitas yang tersedia di sana, antara lain mushala, kamar mandi, spot foto, dan area parkir. Harga tiket masuknya Rp 5.000 per orang, tarif parkir sebesar Rp 5.000 untuk motor, dan Rp 10.000 untuk mobil. Operasional Taman Fathan Hambalang adalah pukul 09.00-19.00 WIB.

2. Sawah Segar Sentul

Sawah Segar Sentul merupakan restoran yang menawarkan nuansa khas pedesaan dengan dikelilingi hamparan sawah dan pepohonan hijau. Nuansa pedesaan membuat suasana begitu asri, sejuk, dan nyaman, sehingga tempat ini sangat cocok untuk melepas penat dari keramaian kota.

Baca Juga :   Sri Mulyani Dan Sofyan Djalil Akan Membangun Bank Paling Perkasa Di Indonesia

Lokasinya tak jauh dari Curug Bidadari, tepatnya di Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor. Di area sawah, terdapat tempat duduk dan gazebo yang cocok jadi tempat bersantai. Ada pula jalan setapak yang bisa dilalui untuk mengelilingi sekaligus berfoto-foto di area persawahan.

Fasilitas yang ada, di antaranya mushala, area parkir, sampai taman bermain anak. Sawah Segar Sentul buka setiap Selasa–Minggu pukul 09.00-18.00 WIB saat weekdays. Saat weekend, buka pukul 08.00-18.00 WIB.

3. Gunung Ciung

Gunung Ciung sebenarnya adalah lahan produktif seluas 8 hektar, berupa bukit yang bersebelahan dengan Gunung Pancar dan ditanami banyak tanaman. Lahan itu kemudian di jadikan tempat wisata dan disebut sebagai Gunung Ciung karena banyak hewan, seperti babi hutan.

Pengelola menjadikannya tempat wisata supaya hewan-hewan tersebut tidak turun dan merusak tanaman.Gunung Ciung menawarkan pemandangan dari Gunung Salak dan Kota Bogor. Selain itu, panorama matahari terbenam yang ditawarkan begitu memesona.

Lokasi Gunung Ciung terletak di Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Sentul–Bogor. Dari Taman Budaya Sentul belok kanan, dekat dengan Sawah Seger Sentul. Pengunjung dapat melakukan fun camping di lahan yang muat sekitar 30 tenda, hiking melewati perkebunan, sampai agrowisata di lahan yang ditanami aneka tanaman, seperti pohon pisang dan durian.

Baca Juga :   Jabar Tertinggi, Keterisian Tempat Tidur Pasien Covid-19 di RS 57,97 Persen.

Panjang jalur trekking sampai lokasi kemah sekitar 1,5 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.Pengunjung juga dapat bermain ke Leuwi Ciung yang dikelola warga setempat dan berada tak jauh dari lokasi kemah. Harga tiket masuk hanya Rp 5.000 per orang.

Untuk berkemah akan dikenai tiket sebesar Rp 125.000, sudah termasuk tenda, matras, lampu tenda, makan siang dan sarapan, kopi, juga air mineral asli dari Gunung Ciung yang segar. Fasilitas yang tersedia di Gunung Ciung seperti gazebo, warung kecil, toilet, mushala, dispenser air minum, dan area parkir.

Karena tempat ini masih sangat baru dan baru mulai operasi pada Sabtu (24/10/2020), fasilitas lainnya masih dalam proses, seperti lahan parkir yang lebih luas dan delapan spot selfie.

Salah satu aturan berkemah di Gunung Ciung adalah, bagi pengunjung yang buka pasangan atau muhrim, tidak diperkenankan bermalam dalam satu tenda. Bila pengunjung tidak ingin berkemah, harga tiket masuknya Rp 5.000 per orang, tarif parkir Rp 10.000 untuk motor, dan Rp 20.000 untuk mobil.

Baca Juga :   Mengenang Politik Sang Ayah, Megawati Jelaskan Gagasan Politik Presiden Sukarno Sambil Terisak

4. Richie Garden Resto & Cafe

Richie Garden Resto & Cafe menghadirkan tempat kuliner dengan pemandangan alam hijau yang terbentang dengan pepohonan rindang serta panorama Gunung Salak dan Gunung Gede. Secara umum, Richie Garden Resto & Café berkomitmen untuk memfasilitasi pesepeda dan pendaki.

Fasilitas yang disediakan, seperti area parkir untuk hiking ke Gunung Cisadon, parkiran sepeda, dan kamar mandi. Restoran ini beroperasi sejak Juli 2020 dan merupakan bagian Richie The Farmer yang merupakan penginapan. Lokasinya ada di Jalan Gunung Batu, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor.

Ada pula fasilitas umum, seperti jogging track, playground, dan kebun sayur. Pengunjung dapat memasuki kebun secara gratis, bahkan bisa memetik hasil kebun.

Operasional Richie Garden Resto & Cafe adalah Selasa–Minggu. Saat weekdays pukul 07.00-17.00 WIB dan saat akhir pekan sampai 19.00 WIB. Harga-harga menu yang disajikan juga terjangkau, mulai dari Rp 6.000 sampai Rp 55.000.

Editor : Realita Indonesia

Sumber : kompas.com

 

Bagikan :
error: Content is protected !!