Beragam Olahan Tempe yang Nikmat Untuk Makanan Sehari-hari

Realita Indonesia – Dari sebuah tempe, dapat diolah menjadi beragam menu makanan sehari-hari. Tak ayal, harga kedelai yang melonjak tinggi membuat harga tempe naik dan langka di pasaran. Masyarakat pun kesulitan mencari tempe untuk diolah jadi makanan sehari-hari.

Tempe merupakan makanan asli Indonesia. Sejak ratusan tahun lalu, tempe jadi makanan yang dekat dengan masyarakat Indonesia. Harganya yang murah, kaya nutrisi, rasa yang nikmat, dan proses memasak yang mudah membuat tempe selalu jadi pilihan untuk makanan sehari-hari.

Berikut olahan-olahan tempe untuk makanan sehari-hari:

Tempe bacem dikenal sebagai makanan khas Jawa Tengah. Bacem merupakan cara mengawetkan makanan yang dilakukan dengan air gula dan/atau air garam. Hasil pengolahan ini akan membuat rasa tempe menjadi lebih manis dan tahan lama.

2. Tempe orek

Tempe orek identik dengan menu wajib yang ada di warteg atau warung Tegal. Tempe orek dibuat dengan cara mengiris tempe lalu digoreng hingga kering atau setengah kering dengan bumbu berupa cabai atau kecap.

3. Oseng-oseng tempe

Oseng-oseng tempe merupakan proses memasak tempe dengan menggunakan sedikit minyak dengan berbagai tambahan bumbu atau rempah.

4. Tempe penyet

Tempe merupakan olah tempe yang dihancurkan atau digeprek dan disajikan dengan cabai pedas.

5. Tempe mendoan

Tempe mendoan merupakan makanan yang berasal dari Banyumas, Jawa Tengah. Tempe dipotong tipis atau menggunakan tempe yang sudah dibuat tipis-tipis lalu dilumuri tepung dan digoreng setengah matang. Tempe ini berbeda dengan tempe goreng yang lebih renyah.

6. Keripik tempe

Tempe juga bisa dibuat menjadi keripik yang renyah untuk makanan sehari-hari maupun sebagai kudapan. Keripik tempe biasanya banyak dijadikan oleh-oleh.

7. Tempe teri kacang

Tempe juga cocok dimasak dengan berbagai bahan lain. Salah satu yang paling favorit adalah dengan teri dan kacang serta ditambah cabai.

8.Tempe toge

Tempe juga kerap dimasak dengan sayuran seperti toge dan kadang juga ditambahkan dengan tahu.

Olahan-olahan tempe ini bisa dibuat dengan mudah di rumah sebagai makanan sehari-hari.

Sumber: cnnindonesia.com

Editor: Realita Indonesia

Bagikan :
Baca Juga :   Wah! Burger King Indonesia Luncurkan Whopper Bebas Pewarna dan Penyedap Rasa
error: Content is protected !!