27 Juli 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Batuk Dan Sesak Nafas, Bisa Diatasi Dengan Jahe Lho!

Realita Indonesia – Jahe, adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Jahe termasuk suku Zingiberaceae.

Jahe  merupakan tanaman yang termasuk rempah-rempah dengan nama latin Zingiber Officinale. Jahe sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, terutama di bidang kesehatan. Jahe diketahui berasal dari Asia Pasifik yang tersebar dari India sampai Cina. Di Indonesia sendiri, tanaman jahe relatif mudah ditemukan dan penggunaannya sudah meluas bukan hanya untuk keperluan memasak, tetapi juga untuk kesehatan, dan kecantikan. Manfaat jahe untuk wajah juga sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas tidak hanya di Indonesia tapi juga mancanegara.

Dari jenis, bentuk, besar rimpang, dan warnanya, jahe dibagi atas tiga jenis, yaitu jahe putih besar, jahe putih kecil, dan jahe merah. Jahe dapat ditanam di tanah yang memiliki ketinggian 200-600 meter di atas permukaan laut dengan rata-rata curah hujan 2.500-4.000 mm/tahun. Namun, pada umumnya, jahe di Indonesia hanya ditanam di pekarangan rumah dan pemanfaatannya pun sebatas untuk konsumsi rumah tangga.

Berdasarkan jurnal Universitas Indonesia berjudul Analisis Kandungan Tanaman Jahe, bangsa Cina telah memanfaatkan jahe selama 2500 tahun untuk obat pencernaan, anti mual, rematik, mengatasi pendarahan, gigitan ular, gangguan pernapasan dan bahkan mengatasi kebotakan.

Baca Juga :   Gawat, Pemerintah Nyatakan Indonesia Dekati Puncak Pandemi Covid-19

Di Indonesia, jahe sering ditemukan sebagai kandungan jamu sebagai obat untuk menaikkan tingkat imunitas, seperti membantu mengatasi flu serta masuk angin. Selain itu, dilansir dari buku 365 Tips for Women, manfaat jahe untuk wajah juga diketahui dapat membantu mengurangi jerawat.

nah, ada apa saja khasiatnya?

1. Mengurangi Rasa Sakit Saat Menstruasi

Wanita kerap merasakan sakit perut pada saat menstruasi. Kamu bisa mengonsumsi jahe untuk membantu mengurangi rasa sakit tersebut.

2. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Jahe juga memiliki manfaat untuk menjaga sistem pencernaan. Mengonsumsi jahe dapat mencegah perut kembung, sembelit, atau naiknya asam lambung. Jahe yang ditambahkan dalam makanan pun juga berfungsi untuk mencegah keracunan makanan akibat bakteri.

3. Meningkatkan Kesuburan Pria

Manfaat jahe juga dapat dirasakan oleh pria. Jahe dipercaya dapat meningkatkan jumlah hormon testosteron yang dapat meningkatkan kesuburan pria.

4. Menghilangkan Mual

Baunya yang khas dan kandungan yang dimilikinya dapat digunakan untuk menghilangkan rasa mual. Selain itu, mengonsumsi jahe juga bisa digunakan untuk mengatasi mabuk laut. Kamu bisa memanfaatkan jahe dengan cara merebus airnya atau mencampurnya ke dalam teh.

Baca Juga :   Jarang Diketahui, Ternyata Daun Putri Malu Punya Khasiat Luar Biasa Apa Saja?

5. Melawan Infeksi

Jahe bisa kamu gunakan untuk membantu melawan virus penyebab infeksi. Hal ini disebabkan oleh senyawa aktif gingerol yang dimilikinya.

6. Menjaga Kesehatan Otak

Jahe memiliki manfaat yang dapat menjaga kesehatan otak. Dengan mengonsumsi jahe secara teratur dapat menghambat proses peradangan yang terjadi pada otak.

7. Mengurangi Peradangan

Jahe mampu mengurangi peradangan pada persendian. Kandungan antiinflamasi yang dimilikinya mampu mengurangi dampak rematik secara perlahan-lahan.

8. Mencegah Kanker

Manfaat jahe juga dapat digunakan untuk mencegah kanker. Dengan mengonsumsi jahe dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker rahim.

10. Melancarkan Peredaran Darah

Jahe dapat memberikan stimulan sirkulasi darah yang kuat. Kandungan yang dimilikinya memberi efek stimulasi pada otot jantung untuk mengencerkan darah dan meningkatkan sirkulasi darah.

11. Melepas Stres

Jahe memiliki aroma yang khas dan kandungan polifenol yang dapat membantu meredakan stres. Konsumsilah jahe setiap hari untuk membantu melepaskan stres.

12. Menghindari Penyakit Jantung

Jahe dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Kolesterol jahat diketahui dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

13. Meningkat Nafsu Makan

Jahe bisa membantu kamu untuk meningkatkan nafsu makan. Untuk membantu memulihkan nafsu makan yang hilang, kunyah sepotong jahe dengan lemon dan garam.

Baca Juga :   Wah! Ternyata Obat Aspirin Bahaya Banget Jika Dikonsumsi Lansia

14. Melegakan Tenggorokan

Jahe dapat memberikan efek hangat di tenggorokan. Konsumsilah air jahe untuk meredakan rasa gatal karena penyakit pernapasan.

15. Mencegah Kebotakan

Rambut yang sering rontok dapat diatasi dengan menggunakan jahe. Jahe merangsang folikel di kulit kepala untuk memelihara kulit kepala serta menguatkannya. Gunakan jahe sebagai masker rambut dengan cara menghancurkannya dan mencampurnya dengan minyak kelapa murni.

16. Meredakan batuk dan sesak nafas

Senyawa anti-inflamasi pada jahe dapat melemaskan membran di saluran udara, yang dapat mengurangi batuk. Tambahkan 20–40 gram irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama beberapa menit sebelum diminum

Nah ada juga resep dan cara pembuatan obat herbal jahe untuk abtuk dan sesak nafas!

Bahan :

  • jahe secukupnya
  • gula merah

Cara membuat :

  1. cuci terlebih dahulu jahe yang akan digunakan, lalu kupas hingga bersih
  2. kemudian jahe diparut,
  3. siapkan saringan dan panci,masukkan parutan jahe tadi kedalam saringan lalu peras hingga mengeluarkan ekstrak jahe
  4. kemudian masukkan kedalam panci dengan irisan gula merah
  5. didihkan, dan aduk aduk hingga mengental,setelah selesai lalu didinginkan
  6. ramuan ekstrak jahe, siap dikonsumsi!

Agar lebih jelas, yuk simak video dibawah!

[KGVID]https://realitaindonesia.com/wp-content/uploads/2020/08/Batuk-Dan-Sesak-Napas-Hilang-Seketka-Setelah-Minum-Obat-Dari-Jahe.mp4[/KGVID]

Editor  : Realita Indonesia

Sumber : detikhealth.com

Bagikan :
error: Content is protected !!