28 Juli 2021

Realita Indonesia

Platform Blog & Publikasi Online

Bakal Dilarang Buat Minum Alkohol, Kalo Es Tape Masuknya Kategori Apa Ya?

Realita Indonesia – DPR membahas RUU Larangan Minuman Beralkohol. Dalam keterangannya, ada beberapa jenis alkohol yang bakal diedar baik dari sisi peredaran dan konsumsinya.

Namun ada lagi yang jadi banyak pertanyaan di kalangan masyarakat. Kalau minuman beralkohol dilarang, bagaimana dengan es tape?

“Memang betul di tape dan beberapa makanan lain mengandung alkohol. Tapi kan bicara soal alkohol di dalam makanan ini kan sifatnya tidak memabukkan karena komponennya bergabung dengan makanan tersebut,” kata Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof dr Ari Fahrial Syam.

Menurut Prof Ari, ada perbedaan yang jelas antara minuman beralkohol dan tape. Kalau di dalam minuman, sudah jelas ada alkohol yang ditambahkan alkohol, misalnya dalam bir yang ditambahkan 3-4 persen kadar alkoholnya. Sementara tape diproses lewat teknik fermentasi sehingga menghasilkan alkohol dalam proses pembuatannya.

Baca Juga :   Peserta JKN KIS, Diberi Kemudahan Oleh BRI

“Artinya kalau yang satu kan sifatnya minuman yang ditambahkan alkohol, yang satu dari komposisi makanannya memang mengandung alkohol seperti tape, tape ketan yang dalam prosesnya ada fermentasi,” jelas Prof Ari yang juga dokter spesialis penyakit dalam.

Selain itu, menurut Prof Ari, hingga kini tak ada orang yang makan tape untuk mencari sensasi mabuk sehingga menurutnya dampak yang ditimbulkan pun tak akan sama seperti mengonsumsi alkohol.

“Sekarang kalau kita makan tape, memangnya sampai mabuk? kan nggak. jadi artinya itu bukan makanan yang memabukkan. Tapi namanya makanan juga nggak boleh berlebihan,” pungkasnya.

Editor : Realita Indonesia

Sumber : detikhealth.com

Bagikan :
error: Content is protected !!